Tips Memilih Mobil Keluarga yang Aman dan Nyaman
Tips Memilih Mobil Keluarga (Gambar Prostooleh - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memilah kendaraan ialah perihal yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terutama itu diperuntukkan untuk keluarga. Kalian memerlukan tips memilih kendaraan buat keluarga supaya tepat serta sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, mobil keluarga ataupun biasa disebut dengan sebutan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih jadi pilihan masyarakat Indonesia. Butuh tips memilih mobil keluarga yang jitu?

Bagaimana tidak, kapasitas menampung penumpang yang banyak kerapkali jadi salah satu sebabnya. Tidak hanya itu, ruang kabin yang juga luas membuat mobil tipe ini lebih fungsional. Nah, berikut ini tips memilah kendaraan buat keluarga berdasarkan beberapa hal yang perlu Kalian pertimbangkan.

Tips Memilih Mobil Keluarga

1. Hemat BBM

Mobil buat keluarga yang digunakan tiap hari pastinya tidak boleh boros, sebab bakal pengaruhi keuangan dalam jangka panjang. Umumnya, mengkonsumsi bahan bakar ditentukan oleh banyak aspek semacam ukuran mesin, metode mengemudi, serta perawatan mesin mobil. Bila Kalian membeli mobil keluarga keluaran terkini Kalian bakal menemui teknologi pendukung yang membuat performa mobil lebih efektif tanpa mengenakan banyak bahan bakar.

2. Pertimbangkan Ukuran Mobil

Tips awal dalam membeli mobil buat keluarga yang ideal yaitu memikirkan ukurannya. Bila Kalian mau memastikan mobil yang Kalian beli bisa menampung seluruh anggota keluarga serta beberapa barang yang bakal Kalian bawa dalam perjalanan, memilih tipe mobil MPV ataupun Multi Purpose Vehicle. Tetapi, Kalian pula wajib mempertimbangkan kalau mobil berukuran besar bakal susah buat diparkir serta lebih boros bahan bakar.

Solusinya ialah membeli mobil keluarga dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti mobil tipe hatchback. Mobil tipe ini umumnya dirancang buat bermacam macam medan dengan ukuran yang lebih pendek dari sedan serta ground clearance yang lumayan tinggi. Biasanya hatchback dapat menampung 4-5 penumpang, sesuai buat keluarga kecil yang hidup di area perkotaan.

3. Sesuaikan Budget

Tidak hanya beberapa tips memilih mobil keluarga di atas, budget pula ialah perihal yang wajib Kalian perhatikan dengan seksama. Memilih mobil yang cocok dengan anggaran supaya tidak mengusik arus keuangan Kalian. Buat Kalian yang mempunyai dana terbatas tetapi mau membeli mobil, kredit dapat jadi solusi.

4. Bayaran Servis Mobil Murah

Bayaran perawatan mobil buat keluarga ialah salah satu pengeluaran bulanan yang jadi pertimbangan saat mau membeli mobil. Perawatan dasar semacam ganti oli, tune up, serta penggantian suku cadang wajib teratur dilakukan demi mempertahankan performa mesin. Karena, bila performa mesin tidak maksimal mobil ada kemungkinan buat bisa boros. Oleh karenanya, hendaknya Kalian memilih tipe mobil dengan bayaran servis rendah serta gampang mencari suku cadang di pasaran.

5. Fitur Keselamatan

Salah satu perihal yang wajib Kalian pertimbangkan saat membeli mobil keluarga merupakan fitur keselamatannya. Memilih mobil yang telah mempunyai fitur keselamatan standar ialah sabuk pengaman serta airbag. Pada sisi rem, mobil masa saat ini pula sudah didukung dengan teknologi canggih semacam ABS (anti- lock braking system), EDB (electronic brake distribution), serta BA (Brake Assist).

Tidak hanya itu fitur keamanan dari pencurian pula penting seperti alarm, fitur sensor parkir serta hill assist pula bakal sangat bermanfaat pada skenario tertentu.

6. Pilih Kabin yang Nyaman

Salah satu perihal yang tidak boleh Kalian lewati saat membeli mobil keluarga ada pada aspek kenyamanan kabin. Pastikan mobil yang Kalian pilih mempunyai kabin yang nyaman serta luas buat seluruh anggota keluarga Kalian. Jangan lupa pilih mobil dengan pendingin udara yang baik serta sistem audio yang mumpuni buat menunjang kenyamanan sepanjang perjalanan baik jarak jauh ataupun jarak dekat.

7. Nilai Jual Mobil Masih Tinggi

Bila sesuatu saat Kalian mau ganti mobil pastikan mobil yang bakal dibeli saat ini dirawat dengan baik buat melindungi nilainya supaya tidak terlalu menyusut. Tidak hanya itu, hendaknya Kalian memilih mobil yang laris di pasaran sehingga bila sesuatu saat Kalian mau menjualnya harga jual kembalinya masih tinggi serta lebih cepat laku.

Melakukan perjalanan tentunya butuh fokus dan kemampuan yang mumpuni agar perjalanan terasa nyaman dan aman. Oleh sebab itu alangkah baiknya membaca: “Tips Tetap Aman dan Nyaman Berkendara Selama Perjalanan”  agar lebih bisa lebih aman lagi di perjalanan.

Jadi setelah mengetahui tips memilih mobil keluarga, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!