JAKARTA - Petualangan berkedara offroad merupakan tantangan dan mendatangkan kepuasaan sendiri bagi pencintanya karena dapat mengemudikan kendaraan di area lintasan berbeda, seperti tanah, berlumpur, berpasir, bebatuan, hingga melewati genangan air.
Karena akan melewati area ekstrem dan berbahaya, tentu sebelum berkendara harus diperhatikan beberapa hal agar menyelesaikan kegiatan ini dalam keadaan aman. Salah satu aspek yang disorot adalah posisi berkendara.
Pembalap offroad dari Indonesia, Julian Johan memberikan sejumlah tips dalam berkendara yang aman saat melintas medan ekstrem seperti memasang sabuk pengaman seperti melakukan kegiatan mengemudi pada umumnya.
“Tentu sebelum berkendara, diperhatikan untuk selalu menggunakan seatbelt untuk keselamatan lebih baik,” kata pria yang akrab disapa Jeje ini saat memberikan pemaparan dalam acara Raptor Adventure Indonesia 2025 di Sentul, Bogor, Sabtu, 22 Februari.
Jeje juga menegaskan bahwa posisi tangan harus lebih rileks sehingga membuatnya menjadi responsif untuk menggerakkan setir. Lalu, ia juga menegaskan posisi berkendara harus tegak demi memberikan pandangan luas saat berkendara offroad.
“Posisi tangan harus rileks dan harus turun sedikit agar saat berkendara tidak terlalu kaku. Tapi saat offroad, posisi duduk harus lebih tegak supaya pandangannya lebih luas,” tambah Jeje.
BACA JUGA:
Ia juga menjelaskan posisi tangan di setir juga perlu diperhatikan, yakni harus memegang roda kemudi dengan kedua tangan dengan posisi tangan berada di jam 10 dan jam 2. Ini membuat tangan bisa melakukan respon yang cepat ketika melakukan arena offroad.
“Kemudian, saat offroad tidak boleh menggunakan hanya satu tangan dan posisi tangan harus berada di jam 10 dan 2. Ini membuat tangan menjadi lebih responsif karena saat offroad setir kemudi akan ke kanan dan ke kiri saat ada lobang, jadi posisi ini sangat optimal dan lebih safety,” terang Jeje.
Terlebih lagi, Jeje juga menuturkan posisi jempol tidak dikepal atau memeluk setir kemudi demi menghindari terjadinya cedera saat melakukan offroad.
“Posisi jempol selalu ditempel pada bagian permukaan setir dan jangan dipeluk ke setir kemudi. Karena ini demi menghindari cedera yang disebabkan oleh kepentok ketika setir lari ke kanan dan ke kiri,” pungkas Jeje.