Fungsi Fog Lamp pada Mobil dan Waktu yang Tepat untuk Mengaktifkan
Ilustrasi fog lamp mobil (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan fog lamp pada mobil tidak bisa dianggap remeh. Sayangnya tak semua pengendara menyadari pentingnya komponen tersebut. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang fungsi fog lamp pada mobil.

Mengenal Fungsi Fog Lamp

Secara harfiah fog lamp adalah lampu kabut. Lampu tersebut jadi penerangan tambahan yang diaktifkan untuk visibilitas pengendara dalam kondisi cuaca berkabut atau hujan deras. Letak fog lamp berada di bagian depan bawah. Lampu ini jadi salah satu syarat keamanan yang harus ada pada mobil.

Meski berstatus sebagai lampu tambahan, keberadaan fog lamp sangat penting. Beberapa manfaat fog lamp adalah sebagai berikut.

  1. Menambah Penerangan saat Cuaca Gelap dan Berkabut

Fog lamp akan membantu pengendara melihat lintasan saat cuaca berkabut, hujan deras, bersalju, atau saat banyak debu. Lampu ini memberi pencahayaan tambahan terutama jika situasi cukup gelap atau kondisi saat jarak pandang sangat pendek.

  1. Penanda Bagi Pengendara Lain

Perlu diketahui bahwa sorotan fog lamp lebih lebar dibanding sorotan yang dihasilkan headlamp. Kondisi tersebut dapat membantu pengendara lain untuk mendeteksi keberadaan mobil Anda saat berpapasan di cuaca berkabut atau hujan deras.

  1. Membantu Pengendara Melihat Masalah pada Lintasan Jalan

Karena berada di bagian bawah dan menghasilkan sorotan yang lebar, fog lamp dapat membantu pengendara mendeteksi masalah lain yang ada di jalanan seperti adanya lubang di jalan atau mendeteksi pembetas jalan yang tidak terlihat dari kejauhan.

  1. Menambah Estetika Mobil

Harus diakui bahwa keberadaan fog lamp menambah estetika mobil meski saat mesin tidak dalam kondisi aktif. Bahkan banyak pula penambahan fog lamp pada mobil jadul yang belum memiliki fog lamp di bagian depan. Pada mobil baru fog lamp sudah tersedia dan jadi salah satu fasilitas keamanan.

  1. Tanda Dimensi Kendaraan

Fog lamp juga sebagai pendan dimensi kendaraan. Pengendara lain dapat mengetahui seberapa besar dimensi kendaraan Anda ketika jarak pandang tak memungkinkan mereka melihat seberapa besar mobil Anda. Karena fungsi ini pengendara harus segera memperbaiki fog lamp yang mati salah satu.

  1. Penanda Arah Laju Kendaraan

Pengemudi kendaraan lain akan lebih mudah mengetahui arah laju kendaraan Anda ketika visbilitas terganggu. Sebagai contoh, saat Anda melihat fog lamp dari depan, berarti mobil tersebut sedang melaju berlawanan arah dengan Anda.

Kapan Fog Lamp Dinyalakan?

Penggunaan fog lamp ternyata masih dipahami secara keliru oleh sebagian pengendara. Pasalnya masih ada pengendara yang menyalakan lampu kabut saat cuaca sedang normal dan jarak pandang tidak terganggu.

Seperti namanya, fog lamp hanya tepat dinyalakan saat jarak pandang terbatas karena berbagai kondisi seperti hujan deras, berkabut, atau karena debu dan polusi karena sorotan lampu ini melebar. Fog lamp tidak boleh dinyalakan secara sembarangan karena akan membahayakan pengemudi lain karena silau dan mengganggu pandangan pengemudi lain.

Itulah informasi terkait fungsi fog lamp pada mobil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.