Ingin Membatalkan Pesanan di TikTok Shop? Begini Cara Melakukannya
Ingin Membatalkan Pesanan di TikTok Shop, Begini Cara Melakukannya (Techbullion)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform video pendek TikTok belakangan membuat fitur terbaru yakni TikTok Shop. Dengan fitur tersebut, pengguna atau konten kreator dapat melakukan transaksi dengan mudah di dalam aplikasi.

Dengan fitur tersebut konten kreator yang memiliki follower cukup banyak dapat mengajak pengikut mereka untuk membeli barang yang dia jual. Selain itu, penjual juga dapat berdagang dengan live streaming seperti Shopee Live.

Pengguna pun dapat melakukan pembayaran di dalam aplikasi TikTok menggunakan alat pembayaran yang telah ditetapkan. Namun, beberapa orang mungkin ingin membatalkan pesanan yang dia buat setelah melakukan check out.

Sayangnya, tidak ada menu cancel pada fitur TikTok Shop sehingga pelanggan tidak tahu cara melakukan pembatalan pesanan. Oleh karena itu, di bawah ini tim VOI telah merangkum 2 cara yang dapat Anda lakukan saat ingin membatalkan pesanan di TikTok Shop.

Biarkan Pesanan Hingga Batas Pembayaran Habis

Jika Anda sudah melakukan check out barang tertentu dan sudah melakukan pemesanan hingga memasukkan sistem pembayaran, pengguna tetap bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop.

Anda dapat membiarkan pesanan Anda tetap ada di keranjang, sampai waktu pembayaran habis. Hal tersebut akan membuat barang yang Anda pesan secara otomatis dibatalkan.

Minta Penjual untuk Membatalkan Pesanan

Namun, jika Anda sudah terlanjur melakukan pembayaran terhadap barang yang Anda pesan, sementara selama proses pengiriman barang Anda ingin membatalkannya, pembeli dapat meminta penjual untuk membatalkannya.

Hal ini dikarenakan di dalam fitur TikTok Shop tidak disediakan menu batalkan pesanan. Oleh karena itu pembeli tidak dapat membatalkan pesanan yang sudah dalam proses.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi penjual untuk membatalkan pesanan tersebut. Namun, penjual juga tidak bisa langsung membatalkan pesanan yang sudah diproses.

Pihak penjual harus membuat laporan ke aplikasi TikTok Shop bahwa persediaan barang tersebut sudah habis sehingga tidak bisa dikirim. Namun, hal tersebut dapat berdampak pada toko atau penjual yang membatalkan pesanan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan penjelasan kepada pihak penjual atau toko mengenai alasan Anda membatalkan pesanan tersebut, supaya tidak merugikan kedua pihak.

Demikian adalah cara yang dapat dilakukan untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop. Hingga saat ini fitur tersebut belum menyediakan menu bagi pelanggan untuk membatalkan pesanan sehingga Anda dapat melakukan 2 cara di atas untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop.