Setelah Twitter Giliran YouTube Latah Jajal NFT, Cuan untuk Konten Kreator
YouTube mulai jajal NFT di platformnya. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube dikabarkan sedang merangkul teknologi web3, termasuk Non-Fungible Tokens (NFT) sebagai sumber pendapatan lain bagi konten kreator di platformnya.

Rencana itu pertama kali diumumkan CEO YouTube, Susan Wojcicki, dalam surat kepada komunitasnya. Dia mengatakan ingin menjadi salah satu perusahaan teknologi terbaru yang memanfaatkan kegilaan koleksi digital yang telah meledak pada tahun lalu.

“Kami selalu fokus pada perluasan ekosistem YouTube untuk membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi yang muncul, termasuk hal-hal seperti NFT, sambil terus memperkuat dan meningkatkan pengalaman yang dimiliki konten kreator dan penggemar di YouTube," ungkap Wojcicki, seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 26 Januari.

Wojcicki menguraikan area yang akan diinvestasikan perusahaan meliputi, gim, belanja, dan bagaimana rencananya untuk mendukung konten kreator. Wojcicki mengatakan YouTube mencari Web3 sebagai sumber inspirasi, secara khusus mencatat peluang dengan crypto, organisasi otonom terdesentralisasi (DAO), dan NFT.

“Setahun terakhir di dunia crypto, NFT, dan bahkan organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) telah menyoroti peluang yang sebelumnya tak terbayangkan untuk menumbuhkan hubungan antara pencipta dan penggemar mereka," tutur Wojcicki.

Menurut data dari pelacak pasar DappRadar, penjualan NFT mencapai sekitar 25 miliar dolar AS pada tahun 2021, meskipun ada tanda-tanda pertumbuhan melambat menjelang akhir tahun.

Ambisi baru YouTube tentang kemungkinan NFT sejalan dengan platform lain yang baru-baru ini meluncurkan versi mereka sendiri atau dikabarkan sedang mempertimbangkan fitur NFT.

Twitter sekarang menawarkan cara bagi pengguna yang memiliki NFT khusus untuk memamerkan barang berharga mereka itu melalui gambar profil heksagonal.

Meta, pemilik Facebook dan Instagram, dikabarkan sedang mempersiapkan hal serupa di mana pengguna dapat menampilkan token yang mereka miliki. Sebuah pasar untuk NFT juga dilaporkan dalam pengerjaan.

Sementara, aplikasi video pendek populer TikTok pada bulan September mulai menggila, mengumumkan koleksi NFT yang dirancang oleh beberapa konten kreator topnya.

Begitu pula Reddit Inc yang juga sedang mencari tim untuk membangun ekonomi pencipta terbesar di internet, didukung oleh pencipta independen, barang digital, dan NFT.