Instagram Mulai Uji Coba NFT di Feed, Stories dan DM
Instagram mulai menguji Non-Fungible Token (NFT) (foto dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram mulai menguji Non-Fungible Token (NFT) kepada beberapa konten kreator terpilih di Amerika Serikat (AS) minggu ini. Uji coba ini dipastikan tidak dipungut biaya apapun.

Bos Instagram, Adam Mosseri dalam video pendeknya mengatakan konten kreator yang terpilih akan memiliki kemampuan menampilkan NFT pada Feed, Stories, dan DM mereka.

Detail NFT ditampilkan dengan cara yang mirip dengan profil dan produk yang ditandai dan diberi nama koleksi digital. Mengklik tag akan menampilkan detail seperti nama pembuat dan pemilik.

Blockchain yang didukung untuk menampilkan NFT di Instagram adalah Ethereum dan Polygon, dengan dukungan untuk Flow serta Solana segera hadir. Dompet pihak ketiga yang kompatibel untuk digunakan saat peluncuran akan mencakup Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Coinbase, Dapper, dan Phantom segera hadir.

Mosseri menguraikan bahwa hanya sejumlah kecil konten kreator yang memiliki akses ke tes Instagram, tetapi perusahaan berencana untuk meluncurkan lebih banyak fungsi yang terkait dengan NFT di masa depan setelah mendapat umpan balik dari pengujian awal ini.

“Saya ingin mengakui di muka bahwa NFT dan teknologi blockchain adalah tentang mendistribusikan kepercayaan dan mendistribusikan kekuatan. Tapi Instagram pada dasarnya adalah platform yang terpusat, jadi ada ketegangan di sana. Jadi salah satu alasan kami memulai dari yang kecil adalah kami ingin memastikan bahwa kami dapat belajar dari komunitas," ujar Mosseri.

"Kami ingin memastikan bahwa kami mencari cara untuk merangkul prinsip-prinsip kepercayaan terdistribusi dan kekuatan terdistribusi, terlepas dari kenyataan bahwa kami, ya, adalah platform terpusat. Kami benar-benar berpikir bahwa salah satu peluang unik yang kami miliki untuk membuat teknologi web3 dapat diakses oleh lebih banyak orang. Dan NFT secara khusus menurut kami akan menarik tidak hanya bagi pencipta yang menciptakan seni NFT, tetapi juga bagi orang-orang yang ingin mengoleksinya," sambungnya.

Lebih lanjut, Mosseri juga menyatakan ekonomi kreator sangat penting bagi Instagram, tetapi salah satu tantangan yang dilihat perusahaan adalah bagaimana saat ini memiliki sejumlah cara berbeda bagi kreator untuk menghasilkan uang, banyak di antaranya tidak dapat diprediksi dan berubah dengan cepat.

Melansir TechCrunch, Selasa, 10 Mei, peluncuran baru ini, menurutnya akan menciptakan peluang menarik bagi sekelompok konten kreator.

Sementara itu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan fungsi serupa (NFT) akan segera hadir di Facebook dan mungkin ke aplikasi Meta lainnya di masa depan.

Zuckerberg juga menjelaskan, Meta akan mengerjakan NFT augmented reality (AR), atau NFT 3D, yang dapat pengguna bawa ke Instagram Stories menggunakan Spark AR, yang merupakan platform perangkat lunak AR perusahaan.

Uji coba NFT Instagram itu datang saat Twitter mengaktifkan gambar profil NFT untuk pengguna premium awal tahun ini. Namun, Instagram dan Twitter bukan satu-satunya raksasa digital yang ingin merangkul NFT.

Sebab, CEO YouTube Susan Wojcicki belum lama juga mengungkapkan dapat merangkul teknologi Web3, termasuk NFT, sebagai sarana untuk membantu konten kreator YouTube menghasilkan uang.