Software Payroll, Solusi Seluruh Kebutuhan Penggajian Karyawan Secara Otomatis
Tanda bukti atas payroll atau upah untuk seorang pekerja. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA- Slip payroll merupakan bentuk tanda bukti atas payroll atau upah untuk seorang pekerja. Adapun pentingnya slip payroll adalah memberikan kejelasan berapa besar payroll yang diterima dari perusahaan atau tempat kerja. Payroll merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang yang terdiri atas komponen penambah dan komponen pengurang:

Apa Itu Slip Payroll? Apa Manfaat Slip Payroll?

Komponen penambah adalah bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Di antaranya meliputi upah utama, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, upah lembur, dan THR serta bonus.

Komponen pengurang adalah bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas payroll yang diterima pekerja. Di antaranya meliputi iuran BPJS, pinjaman karyawan, PPh 21, maupun denda atau penalti.

Kedua komponen di atas secara langsung memberikan pengaruh pada jumlah nominal akhir penghasilan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Jadi, karyawan akan melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip payroll yang dihasilkan dari software payroll Indonesia.

Regulasi Slip Payroll

Slip payroll adalah salah satu hal mendasar dan wajib diberikan perusahaan kepada karyawan. Peranan slip payroll telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah di mana memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja atau buruh pada saat upah dibayarkan.

Sedangkan, untuk informasi apa saja yang harus dicantumkan pemberi kerja dalam slip payroll telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 bahwa hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Software Payroll Indonesia Bisa Jadi Solusi

Mengelola administrasi payroll di perusahaan sering membuat pusing bagian HR dan finance karena prosesnya yang cukup kompleks. Pengpayrollan bukan hanya masalah menghitung kehadiran karyawan dan membayar upah, tetapi juga melibatkan bermacam regulasi pemerintah mengenai perburuhan, seperti pajak penghasilan, jaminan kesehatan nasional, dan lembur.

Pencatatan data menggunakan kertas hingga perhitungan manual dengan bantuan Excel di komputer berisiko mengandung kesalahan sekaligus menghabiskan waktu. Tidak cermat memasukkan data, misalnya, bisa berakibat salah hitung payroll karyawan.

Karena sistem manual tidak lagi efisien, Anda butuh otomatisasi sistem administrasi pengpayrollan karyawan. Caranya adalah menggunakan Software Payroll Indonesia yang memiliki banyak fitur terintegrasi untuk memudahkan pencatatan maupun penghitungan, minimal meliputi:

  • PPh 21

Menghitung pajak penghasilan (PPh 21) merupakan bagian yang penting dan cukup rumit. Selain harus teliti, Anda juga wajib mengetahui peraturan perpajakan yang berlaku sebagai dasar perhitungan, seperti ketentuan PPh pegawai tetap dan tidak tetap, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), dan biaya jabatan.

  • BPJS

Setiap perusahaan wajib mengikutkan seluruh karyawannya menjadi peserta program jaminan sosial ekonomi dan kesehatan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Perhitungan iurannya masuk dalam slip payroll.

  • Lembur

Uang lembur merupakan salah satu komponen penambah penghasilan karyawan yang masuk dalam perhitungan payroll. Cara menghitungnya yang cukup rumit, yakni berdasar jam kerja dan upah per jam, akan lebih mudah dikerjakan dengan software payroll Indonesia.

  • THR

Menghitung Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan merupakan pekerjaan pengpayrollan yang ketentuannya ditetapkan oleh pemerintah. Menghitung THR dengan software payroll Indonesia lebih mudah dan cepat daripada secara manual.

  • Absensi

Menghitung kehadiran dan jam kerja secara otomatis dan akurat sangat penting dalam pengpayrollan. Karena ini terkait dengan perhitungan tunjangan tidak tetap yang didasarkan pada absensi dan upah lembur, seperti uang makan dan transport.

  • Pinjaman

Dalam pengpayrollan, angsuran pinjaman karyawan juga merupakan komponen pemotong upah di slip payroll. Karena itu, software payroll Indonesia yang dapat mengelola pinjaman karyawan akan membantu perhitungan, terutama bagi perusahaan yang sering mengizinkan kasbon karyawan.

  • Berbasis online

Platform operasi payroll software sangat menentukan cara HR menangani pekerjaan administrasi payroll. Software payroll Indonesia lebih efisien dan efektif karena sistemnya menawarkan kecepatan, akurasi, kemudahan akses, dan biaya yang kecil.

Alasan Penting Software Payroll Amat Dibutuhkan

Anda telah memahami pengertian dari sistem payroll itu sendiri, sekarang kita bisa merangkumnya menjadi alasan penting kenapa sistem penggajian modern ini menjadi amat dibutuhkan, terlebih oleh perusahaan dengan jumlah karyawan di atas 50 orang. Berikut di antaranya:

  1. Membantu Karyawan Mengetahui Rincian Gaji

Software payroll Indonesia bisa dikatakan sebagai sistem upah modern yang menggunakan komputerisasi dan teknologi digital. Sistem seperti ini menggunakan aplikasi klien yang bisa dipasang oleh karyawan di handphonenya masing-masing.

Ini tentu menjadi lebih mudah karena begitu gajian masuk, karyawan akan dapat melihat slip gaji yang dikirimkan ke dalam informasi akun masing-masing. Karyawan dapat melihat rincian tunjangan, reimbursement, izin cuti, dan banyak lagi, melalui aplikasi tersebut.

Karyawan Anda juga dapat melihat dengan jelas potongan gaji yang diperlukan, misalnya untuk bayar iuran BPJS, atau simpanan karyawan, dan lain sebagainya. Laporan ini pun bisa dikirimkan melalui email, ke alamat email si karyawan yang terdaftar. Jika Anda masih menggunakan sistem penggajian tradisional, hal administratif dan laporan semacam itu tentu akan menyulitkan gerak Anda sebagai tim HR.

  1. Penyimpanan Data yang Lebih Aman dan Secara Otomatis

Karena semua serba digital, otomatis setiap kali HR melakukan transaksi pembayaran gaji, atau penghitungan gaji. Laporan dan data yang dibuat sudah otomatis tersimpan dalam software payroll Indonesia yang Anda gunakan, seperti talenta misalnya.

Dengan keamanan yang terjamin dan terancang dengan baik, Anda pun bisa lebih tenang dalam melakukan transaksi pembayaran. Anda tidak perlu khawatir terjadinya data atau arsip yang tercecer dikarenakan semua masih ditulis secara manual di pembukuan karena telah tercatat dan tersimpan dengan baik di software payroll indonesia.

  1. Pelayanan Pengajuan Mandiri

Layak disebut juga sebagai pengajuan self-services. Kalau di sistem penggajian tradisional, seorang karyawan biasanya akan mendatangi ruang HRD atau kepala manajer divisi terkait, menunggu mereka selesai makan siang, lalu berbincang mengajukan cuti yang diharapkan.

Pengajuan tersebut tentu memakan waktu dan tidak efisien. Apalagi kalau mengingat keadaan dunia kerja yang semakin sibuk seperti sekarang. Bahkan di beberapa perusahaan, tampaknya masih ada yang perlu menggunakan surat. Untuk dikirimkan atau diletakkan di meja HRD untuk pengajuan cuti dan lain sebagainya.

Dengan sistem payroll, kerepotan birokrasi yang semacam itu bisa dikurangi bahkan dihilangkan. Dengan sistem payroll, karyawan pun bisa lebih mandiri dalam memperhatikan dokumentasi yang berhubungan dengan gaji bulanannya dari perusahaan.

  1. Penghitungan Potongan dan Jumlah Gaji Yang Akurat

Dalam praktek di lapangan, salah satu fitur utama aplikasi payroll yang sangat berguna adalah menghitung gaji setiap karyawan. Ketika jumlah gaji kotor sudah ditentukan, maka secara otomatis sistem payroll juga akan menghitung potongan gaji, seperti asuransi, pajak, dan BPJS. Seluruh potongan tersebut selanjutkan akan di input langsung pada jumlah gaji kotor sebelum nantinya dikirim secara otomatis ke rekening karyawan.

Kalau pun Anda rupanya mengalami kesulitan untuk menentukan konsep dan strategi bisnis serta keuangan, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan seperti FR Consultant Indonesia.

Beberapa sistem payroll tertentu bahkan mampu menyertakan penggantian suatu biaya reimbursement karyawan, pengobatan yang tidak menggunakan BPJS, atau pengeluaran lainnya yang dilakukan karyawan secara otomatis.

Bukankah dengan mekanisme seperti itu, HR akan lebih efisien dalam bekerja? Sistem ini akan amat terasa manfaatnya ketika perusahaan memiliki lebih dari 100 orang karyawan.

  1. Memudahkan Dalam Pembuatan Formulir Pajak

Dalam hal ini, tentu akan lebih memudahkan perusahaan. Karena sistem payroll juga bisa membuat suatu formulir pajak yang diperlukan pihak perusahaan dan pihak karyawan. Yang kemudian, formulir pajak tersebut bisa dikirim atau dicetak oleh pihak yang berkepentingan. Padahal andaikan Anda tidak menggunakan sistem payroll, pengajuan suatu formulir pajak akan lebih merepotkan karena melakukan segala sesuatunya serba manual.

Untuk itu, saat suatu perusahaan menggunakan sistem pembayaran payroll, maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan akan otomatis menjadi lebih hemat. Selain itu, bagian HR juga akan lebih fokus dalam melakukan tugas yang lain, seperti meningkatkan aset sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Talenta by Mekari: Software Payroll Terbaik di Indonesia

Salah satu sistem pembayaran payroll yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah sistem dengan menggunakan payroll. Dikalangan pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak akan asing lagi dengan istilah pembayaran payroll payroll ini. Software payroll Indonesia Talenta dari mekari ini juga berhasil menjadi software payroll terbaik di Indonesia.

Software payroll Indonesia Talenta dari mekari ini bisa menjadi software payroll terbaik di Indonesia karena secara otomatis akan membantu perusahaan untuk membuat laporan payroll payroll secara otomatis sekaligus mencetak form dari slip payroll jika slip tersebut dibutuhkan. Download di link berikut https://www.talenta.co/fitur/software-payroll/ untuk dapatkan gratis akses selama 14 hari.

Adanya form slip payroll yang langsung dicetak secara otomatis ini tentu akan memudahkan pekerjaan HRD perusahaan karena mereka sudah tidak perlu repot memindahkan data payroll karyawan perusahaan dan mengolahnya kembali ke perangkat lunak yang berbeda. Oleh karena itu software payroll terbaik yang ada Indonesia talenta dari mekari ini bisa menjadi salah satu software payroll yang bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan.

Demikianlah penjelasan kami mengenai software payroll Indonesia terbaik mulai dari proses cara memberi payroll hingga menggunakan software payroll Indonesia yang akan lebih memudahkan perusahaan dalam melakukan software payroll Indonesia terbaik mereka.

Dengan menggunakan sistem pengpayrollan karyawan berbasis online milik Talenta dari mekari ini akan memudahkan perusahaan dalam mendata payroll karyawan serta melakukan transfer secara otomatis. Tentu hal ini akan membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien jika dibandingkan perusahaan masih menggunakan sistem manual.

Selain akan lebih memudahkan pekerjaan Anda, dengan menggunakan software payroll Indonesia dari mekari ini akan lebih meminimalisir terjadinya pencurian data dari oknum yang tidak bertanggung jawab.