Melihat Cara Kerja Tilang ETLE Drone dan Kelebihannya
Ilustrasi tilang ETLE drone (foto: Unsplash/ Josh Sorenson)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ET:LE) terus digencarkan oleh pihak kepolisian. Tilang ETLE tidak hanya digunakan pada kamera statis dan mobile, namun juga telah dikembangkan dalam bentuk drone. Lantas bagaimana cara kerja tilang ETLE drone?

Tilang ELTE via udara memakai drone tengah dalam tahap uji coba. ETLE drone mulai diuji di Jawa Tengah oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah pada Selasa 24 Januari. Uji coba dilakukan di Exit Tol Brebes Timur (Brexit) dan di Jalan Ahmad Yani Kota Tegal. 

Ditlantas Polda Jateng melakukan penerbangan drone bekerja sama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI). Pelaksanaan uji coba dipimpin oleh Iptu Doohan Octa Prasetya, Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng.

“Kita bekerja sama dengan Asosiasi Drone Indonesia yang telah tersertifikasi menerbangkan ETLE drone,” kata Iptu Doohan. 

Ditlantas Polda Jateng sendiri berencana menerapkan tilang ETLE drone di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Lantas bagaimana cara kerja tilang ETLE drone ?

Cara Kerja Tilang ETLE Drone?

Pihak kepolisian mengembangkan penggunaan teknologi tilang ETLE memakai drone supaya proses pantauan lalu lintas menjadi lebih mudah. Cara kerja tilang ETLE drone serupa dengan tilang ETLE mobile dan statis.

Mekanisme kerja ETLE drone adalah sebagai berikut:

  1. Pengambilan gambar lalu lintas hingga pelanggaran menggunakan kamera
  2. Melakukan validasi 
  3. Hasil validasi lalu dicetak
  4. Hasil cetak gambar pelanggaran dikirim ke alamat yang diduga melakukan pelanggaran

Mekanisme yang dijalankan pada tilang ETLE statis dan mobile pun sama demikian. Perbedaan tilang ETLE drone dengan kedua jenis tilang tersebut hanyalah pada pemasangan dan fleksibilitasnya. 

Kelebihan Tilang ETLE Drone

Penerapan sistem tilang ETLE drone telah dikaji secara panjang dan matang. Drone bakal menjadi salah satu perangkat pendukung untuk melakukan patroli. Awalnya sistem pesawat tanpa awak ini hanya akan digunakan untuk memantau lalu lintas saja. 

Misalnya saat terjadi kemacetan parah di suatu lokasi jalan maka kamera drone akan mengambil gambar situasi. Kemudian hasil gambar jepretan tersebut akan dikirim ke command center untuk diproses lebih lanjut. 

Dilengkapi Teknologi Canggih

Namun tidak hanya itu, pesawat tanpa awak tersebut juga akan digunakan untuk menindak pelanggaran lalu lintas. Kamera drone dapat menjepret plat nomor dan tindak pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, termasuk batas kecepatan. 

Pesawat drone tersebut diciptakan untuk surveyor dan monitoring. Drone ini dilengkapi dengan baterai yang bisa bertahan hingga 3 jam. Selain itu, lensa kameranya juga sangat canggih karena bisa untuk zomm hingga 40 sampai 80 kali lipat kamera biasa. 

Bersifat Lebih Fleksibel 

Tilang ETLE drone memiliki kelebihan dibandingkan tilang elektronik statis dan mobile. ETLE drone bersifat lebih fleksibel, jadi tidak perlu dipasang permanen di jalan seperti ETLE statis. Berbeda juga dengan ETLE mobile yang harus dibawa petugas atau melalui mobil patroli.

ETLE drone bersifat lebih dinamis dapat digunakan di lokasi yang berpindah-pindah dan pemakaiannya lebih praktis. ETLE drone dikendalikan menggunakan sistem pilot dari daratan melalui perangkat. Namun tidak semua orang dapat mengendalikan atau menjadi pilot drone. Hanya orang yang ahli atau bersertifikasi yang dapat memakai alat tersebut. 

Daya Tangkap Lebih Luas

Selain penerapannya yang lebih praktis, ETLE drone juga memiliki daya tangkap yang lebih luas. ETLE drone dapat mengambil sudut gambar dari langit, sehingga dapat memantau lalu lintas lebih luas. Berbeda dengan ETLE statis yang hanya dapat mengambil gambar satu arah. Sementara ETLE mobile hanya dapat mengambil gambar dari satu sudut pandang. 

Namun tidak semua pengendara yang terpotret ETLE drone akan ditindak. Ada beberapa mekanisme tertentu untuk menindak pengendara yang melanggar lalu lintas. Pihak kepolisian akan memvalidasi terlebih dahulu bagaimana penampakan kejelasan pengendara yang terlihat melanggar tersebut. 

Demikianlah ulasan mengenai cara kerja tilang ETLE drone dan kelebihannya dibandingkan ETLE statis dan mobile. Tilang ETLE drone sudah dirancang untuk memudahkan operasional pemantauan lalu lintas dan pelanggaran. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan parasut khusus untuk mengantisipasi terjadinya gangguan sinyal hingga baterai lemah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.