Buat Para Konten Kreator, Instagram Kini Hadirkan Fitur Monetisasi untuk Konten Kreator Reels
Ilustrasi. (dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Fitur monetisasi Instagram kini sedang diperluas dengan menghadirkan Gifts atau Hadiah untuk lebih banyak konten kreator Reels, mirip seperti yang dimiliki pesaingnya TikTok.

Pertama kali diuji coba tahun lalu, penggemar dapat memberikan dukungan langsung kepada konten kreator favorit mereka dalam bentuk hadiah virtual bertema di Reels.

Gifts, dapat dibeli langsung di aplikasi Instagram menggunakan mata uang dalam aplikasi Meta, Stars. Pengguna dapat membeli 45 Stars seharga 0,99 dolar AS, 140 Stars seharga 2,99 dolar AS, atau 300 Stars seharga 5,99 dolar AS.

Stiker Virtual

Mereka kemudian dapat menggunakan stiker virtual mereka sebagai alat donasi untuk memberikan uang kepada kreator favorit mereka. Kreator harus mencapai ambang batas pembayaran sebesar 100 dolar AS yang dapat mencakup penghasilan dari program monetisasi lainnya, dan pada saat itu mereka dapat mengonversi hadiah Stars menjadi uang tunai.

Namun, fitur ini baru diperluas untuk kreator di Amerika Serikat (AS) belum diketahui kapan akan diluncurkan secara global. Kreator akan dapat melihat apakah mereka sekarang memenuhi syarat untuk menerima Gifts dari Professional Dashboard di pengaturan dan bisa mengaktifkan opsi jika mereka mau.

Instagram mengatakan, Gifts akan tetap hanya untuk Reels saat ini. Jika tersedia, pengguna akan melihat opsi untuk Sent Gifts di atas nama pengguna kreator di Reels.

Ini adalah cara lain bagi kreator dan kreator Reels khususnya untuk menghasilkan uang di aplikasi, yang telah menjadi medan pertempuran utama untuk platform video bentuk pendek, karena setiap platform mencoba mencari cara terbaik untuk mempertahankan kreator top mereka.

Program monetisasi virtual pada Reels juga dapat mendorong lebih banyak konten kreator untuk mencoba-coba format tersebut, yang masih menjadi prioritas Instagram dalam pertarungannya dengan TikTok.

Selama pendapatan Q1 2022 keluar awal bulan ini, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan pemutaran video Reels di Facebook dan Instagram meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2022 dan orang yang berbagi Reels dengan teman-teman meningkat lebih dari dua kali lipat di kedua aplikasi hanya dalam enam bulan terakhir.

Meta memperkirakan tidak akan sampai akhir tahun atau tahun depan akan dapat menumbuhkan Reels secara menguntungkan sambil memenuhi permintaan konsumen untuk format tersebut.

Meskipun mengirim Stars sudah tersedia di video langsung dan sesuai permintaan, termasuk Reels, penambahan Gifts memungkinkan Instagram bersaing lebih baik dengan pesaing seperti TikTok, di mana hadiah virtual sudah tersedia di aplikasi yang berbasis di China itu.

Fitur tersebut juga memberi perusahaan aliran pendapatan lain di luar iklan, karena konten kreator Instagram harus berbagi sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh dengan aplikasi. Demikian dikutip dari TechCrunch, Kamis, 9 Februari.