Setelah Bawa AI, Kini Microsoft Integrasikan Adobe Acrobat PDF ke Browser Edge-nya
Ilustrasi. (dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Langkah terbaru Adobe dan Microsoft menghadirkan Adobe Acrobat PDF ke lebih dari 1,4 miliar pengguna Windows dan Edge, setelah membawa Kecerdasan Buatan (AI) dalam browser-nya tersebut.

Dengan Adobe Acrobat PDF, pengguna akan memiliki pengalaman PDF unik mencakup rendering yang lebih kaya warna dan keakuratan grafik, peningkatan kinerja, keamanan yang kuat untuk penanganan PDF, dan aksesibilitas yang lebih besar.

Termasuk pemilihan teks yang lebih baik dan narasi yang dibacakan. Adobe Acrobat PDF dapat terus diakses secara gratis oleh pengguna.

“Mendekatkan Adobe dan Microsoft baik untuk produktivitas dan baik untuk pelanggan,” ujar wakil presiden korporat, Aplikasi Kerja & Bisnis Modern di Microsoft, Jared Spataro dalam blog resmi perusahaan yang dikutip Kamis, 9 Februari.

“Teknologi PDF Adobe di Microsoft Edge berarti pengguna akan memiliki akses yang cepat dan aman ke kemampuan dokumen digital penting," imbuhnya.

Namun, jika pengguna menginginkan fitur dokumen digital yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, mengonversi PDF ke format file lain, dan menggabungkan file, mereka dapat berlangganan Acrobat yang memungkinkan akses ke fitur ini di mana saja, termasuk langsung di dalam Microsoft Edge.

Pengguna Microsoft Edge dengan langganan Adobe Acrobat yang sudah ada dapat menggunakan ekstensi Acrobat di dalam Edge tanpa biaya tambahan.

“PDF sangat penting untuk bisnis modern, mempercepat produktivitas di dunia di mana otomatisasi dan kolaborasi menjadi lebih penting dari sebelumnya,” ungkap SVP dan GM Adobe, Ashley Still.

“Dengan menghadirkan standar global dalam pengalaman PDF ke Microsoft Edge dan lebih dari satu miliar pengguna Windows di seluruh dunia, Adobe dan Microsoft menggunakan warisan dan keahlian bersama kami dalam produktivitas untuk mengambil langkah maju yang penting dalam membuat pekerjaan dan kehidupan yang modern, aman, dan terhubung," tambahnya.

Di era transformasi digital, browser web adalah tempat orang berkolaborasi, berbagi informasi, dan menyelesaikan pekerjaan di cloud. Pengguna di seluruh dunia berinteraksi dengan triliunan file PDF di web, seluler, dan desktop.

Dengan kemampuan Adobe Acrobat yang mendukung pengalaman PDF di Edge, pengguna Windows 10 dan Windows 11 dapat menggunakan kemampuan PDF dari Adobe dalam browser web Microsoft Edge, tanpa perlu mengunduh atau beralih ke aplikasi terpisah.

Untuk memenuhi kebutuhan organisasi dengan perangkat terkelola, transisi ke pembaca Microsoft Edge PDF bawaan dengan kemampuan Adobe Acrobat PDF akan terjadi secara bertahap, dengan opsi keikutsertaan awal untuk perangkat terkelola.

Pengumuman ini adalah bagian dari inisiatif Adobe dan Microsoft yang sedang berlangsung, berencana mengubah pekerjaan dan kehidupan digital dengan menghadirkan alat otomatisasi dokumen, tanda tangan elektronik, dan PDF terdepan di industri langsung ke pengguna Microsoft.

Pengalaman PDF di Microsoft Edge ini bergabung dengan serangkaian lengkap Adobe PDF dan integrasi tanda tangan elektronik di seluruh solusi Microsoft, termasuk Microsoft 365, Microsoft Teams, SharePoint, dan lainnya.