Kaspersky Kasih Tips Agar Anak Tetap Aman saat Main Gim
Ilustrasi gim PC (foto: google)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan terbaru oleh pakar-pakar Kaspersky yang berjudul “The Dark Side Of Kids Virtual Gaming Worlds” mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, phishing yang digunakan oleh penjahat dunia maya banyak menargetkan pemain muda dan sebagian besar meniru judul-judul global seperti gim Roblox, Minecraft, Fortnite, dan Apex Legends. 

“Pada tahun 2022, penjahat dunia maya bahkan mengeksploitasi gim yang dirancang untuk anak berusia 3-8 tahun. Ini menyoroti konklusi bahwa para penjahat dunia maya tidak memfilter target mereka berdasarkan usia dan bahkan menyerang gamer termuda, dengan kemungkinan target mencapai perangkat orang tua mereka,” kata Vasily M. Kolesnikov, pakar keamanan di Kaspersky dalam pernyataannya.

Menurutnya, saat penjahat berfokus pada pemain muda, mereka tidak perlu bahkan repot-repot membuat skema penipuan kompleks, karena mereka menganggap anak-anak dan remaja memiliki sedikit atau bahkan tidak sama sekali pengalaman atau pengetahuan tentang jebakan penjahat dunia maya.

“Oleh karena itu, orang tua harus sangat berhati-hati tentang aplikasi apa yang diunduh anak,  apakah perangkat mereka telah menginstal solusi keamanan tepercaya dan harus mengajari anak mereka tentang cara berperilaku online,” pungkasnya.

Agar anak-anak Anda tetap aman saat online, Kaspersky merekomendasikan pengguna:

  • Tanyakan kepada anak Anda, apakah Anda dapat menonton serial favoritnya atau mendengarkan trek musik bersama. Sebagai opsi, Anda dapat mempelajari bersama beberapa praktik aman agar tetap aman saat online.
  • Pilihan yang bagus bisa berupa aplikasi kontrol orang tua. Namun, penting untuk mendiskusikan topik ini dengan anak Anda sambal menjelaskan cara kerja aplikasi ini dan mengapa diperlukan agar tetap aman saat online
  • Jelaskan bahwa informasi sensitif hanya boleh dibagikan melalui messenger dan hanya dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata.
  • Habiskan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak Anda tentang tindakan keamanan online
  • Jadikan pembicaraan tentang keamanan dunia maya lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikannya bersama anak Anda melalui permainan dan format hiburan lainnya.