Cara Kerja <i>Air Cooler</i> yang Banyak Orang Tidak Tahu
Cara Kerja Air Cooler (Gambar bajajelectricals.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pendingin udara atau air cooler adalah alternatif terbaik untuk tetap sejuk dalam cuaca panas. Air Cooler memiliki lebih banyak daya pendinginan daripada kipas dan tidak memerlukan biaya yang semahal AC.

Cara Kerja Air Cooler

Prinsip kerja pendingin udara:

Pendingin udara bekerja berdasarkan prinsip pendinginan evaporatif, di mana penguapan air digunakan untuk mendinginkan udara. Salah satu contoh sederhana pendinginan evaporatif adalah berkeringat pada manusia. Saat keringat mulai menguap, ia mengeluarkan kelebihan panas yang diserap oleh kulit dalam bentuk gas yang menyebabkan dinginnya cuaca dingin.

Banyak pendingin udara saat ini dilengkapi dengan baki es khusus, yang membantu mendinginkan air. Ini menghasilkan pendinginan yang cepat dan kuat. Hal terbaik tentang menggunakan pendingin udara adalah Anda dapat membiarkan pintu dan jendela terbuka sebagian untuk memastikan udara segar selalu bersirkulasi.

Bagaimana cara kerja pendingin udara dengan air?

Sama halnya seperti berkeringat air cooler juga bekerja dengan cara yang sama: partikel air di permukaan kulit menghilangkan panas saat menguap dan mendinginkan kulit. Pendingin ini diketahui menggunakan energi 75% lebih sedikit dibandingkan dengan AC sentral.

Pendingin evaporatif hadir dalam berbagai gaya. Tetesan halus disemprotkan ke udara dan kemudian ditiup oleh kipas dengan cara tertentu karena air dalam kabut ini terdiri dari tetesan kecil. Ini akan mudah menguap dan menyerap panas dari udara. Atau, udara dibuat untuk meniup bahan basah. Itu bisa ditiup melalui jaring halus atau lembaran basah, misalnya. Bahan basah ini mendingin saat menguap dan mendinginkan udara.

Bergantung pada suhunya, udara hanya dapat mempertahankan sedikit kelembapan. Ketika suhu lebih tinggi dari jumlah tersebut, Air akan mulai mengembun keluar dari udara dengan kecepatan yang sama saat menguap. Ini mengarah pada perlindungan yang efektif terhadap pendinginan evaporatif.

Bagaimana Air Cooler bekerja tanpa air?

Penguapan langsung digunakan dalam pendingin shift perumahan dan kondisi industri. Ini dijelaskan oleh kotak bagian dalam dari logam atau plastik dengan ventilasi samping. Kipas atau peniup sentrifugal menggerakkan udara, dan pompa air akan membasahi bantalan pendingin evaporatif.

Sistem pendingin dapat dipasang di atap, dinding luar atau jendela bangunan di dekat kipas buang melalui ventilasi di samping mesin dan lembaran anti lembab agar tetap dingin. Panas di udara menguapkan air dari pelat, yang terus menerus dilapisi kembali untuk melanjutkan proses pendinginan.

Kedua prinsip kerja ini akan membantu menghilangkan kebingungan tentang cara kerja pendingin udara.

Jadi setelah mengetahui cara kerja air cooler, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!