Kaspersky Kasih Tips untuk Memastikan Pengalaman Online yang Positif untuk Anak-anak
Ilustrasi anak dengan smartphone (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di era digital saat ini, tidak sedikit orang tua yang telah memberikan izin ke anaknya untuk menggunakan smartphone. Tapi sayangnya, masih ada juga orang tua yang seringkali mengabaikan keselamatan anak di dunia maya.

Analisis Kaspersky terbaru mengungkapkan bahwa aplikasi terpopuler anak-anak di Android antara lain adalah YouTube (33%), TikTok (18%), dan WhatsApp (18%). Roblox menempati posisi keempat (7%). 

Nah, untuk memastikan anak-anak Anda mendapatkan pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan beberapa cara ini yang bisa dilakukan Anda sebagai orang tua:

  • Libatkan diri Anda dalam aktivitas online anak sejak usia dini, sehingga ini menjadi norma yang ditetapkan, dan Anda kemudian dapat membimbing mereka dalam praktik keamanan online
  • Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan diskusikan topik ini dengan anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa diperlukan agar tetap aman saat online
  • Jadikan percakapan tentang keamanan dunia maya lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikan topik tersebut dengan anak Anda melalui permainan dan format hiburan lainnya
  • Habiskan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak tentang tindakan keamanan online. Coba perhatikan kebiasaan Anda sendiri. Apakah Anda menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak-anak yang meniru kebiasaan Anda? Apakah mereka bereaksi dengan cara yang berbeda saat Anda menyimpan ponsel?
  • Minta anak untuk tidak menyetujui pengaturan privasi apa pun dan mintalah bantuan dari Anda. Orang dewasa harus membiasakan diri membaca semua perjanjian privasi.