Survei Populix: Teknologi Bisa Memudahkan Anda Mencari Peluang Kerja
Survei Populix tentang platform cari kerja yang banyak digunakan (foto: Populix)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah survei yang diluncurkan oleh Populix beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa teknologi ternyata juga bermanfaat untuk memudahkan Anda mencari peluang kerja di internet. 

Dalam laporan tersebut, Populix mencatat, mayoritas atau sebesar 66% masyarakat mengaku mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari situs pencari kerja. Kemudian diikuti dengan informasi dari teman dan keluarga sebesar 58%, dan LinkedIn 48%.

Sementara itu, Populix juga menyebutkan beberapa situs pencari kerja yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia di antara lain adalah Jobstreet.co.id (82%), LinkedIn (61%), Jobs.id (37%), Karir.com (29%), Glints.com (25%), Kalibrr.com (16%), dan JobsDB.com (15%). 

Menurut laporan tersebut, alasan masyarakat lebih sering menggunakan situs pencari kerja adalah, tersedianya perusahaan-perusahaan terbaik yang sesuai dengan tujuan karir (63%) dan telah berhasil membantu mendapatkan pekerjaan (75%). 

Selanjutnya, mereka juga menyebutkan beberapa keuntungan yang dirasakan ketika menggunakan situs pencari kerja. Sebanyak 74% responden mengaku lebih mudah dan praktis, kemudian 74% lainnya mengaku mereka dapat melihat lebih banyak lowongan yang tersedia dalam waktu yang bersamaan. 

Tidak hanya itu, 73% responden mengatakan bahwa mereka dapat mencari lowongan sesuai keinginannya, mencari informasi pekerjaan di wilayah yang lebih luas (71%), dan mendapatkan pemberitahuan lowongan yang cocok dengan latar belakang (61%). 

Walaupun demikian 42% masyarakat juga mengaku pernah mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan situs pencari kerja seperti deskripsi pekerjaan yang tidak sesuai (58%), perusahaan fiktif (54%), diminta memberikan sejumlah uang dalam proses seleksi (45%), informasi gaji yang tidak sesuai (42%), dan menahan dokumen pribadi (34%).