Tampak Serupa, Ini 4 Perbedaan Threads dan Twitter
Ilustrasi aplikasi Threads (foto: dok. Threads)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aplikasi Threads besutan Meta yang sangat mirip dengan Twitter sudah diluncurkan di 100 negara, termasuk Indonesia. Threads memungkinkan pennggunanya menciptakan ruang percakapan online waktu nyata, sebuah fungsi yang telah lama menjadi nilai jual Twitter. Lantas, apa perbedaan Threads dan Twitter?

Lewat aplikasi Threads, pengguna bisa me-retweet unggahan teks orang lain dengan mengklik Repost dan membuat utasan tweet dengan opsi yang tersedia.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur penghitung yang menunjukkan jumlah suka dan balasan yang telah diterima sebuah postingan. Kemampuan untuk membagikan postingan langsung ke Instagram Stories juga ditawarkan Threads.

Akun Instagram yang terverifikasi juga otomatis terverifikasi di Threads dan dapat diatur sebagai publik atau pribadi. Di aplikasi baru itu, pengguna dapat mengunggah video hingga lima menit dan bisa dibagikan sebagai tautan di platform lain.

Pengguna pun dapat berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, dan melaporkan orang lain serta memfilter balasan dengan kata-kata tertentu di dalamnya.

Perbedaan Threads dan Twitter

  1. Jumlah karakter

pesan yang diposting ke Threads akan memiliki batas 500 karakter, sementara Twitter hanya 280 karakter. Jika pengguna ingin mengunggah tweet panjang, mereka harus membayarnya melalui layanan Twitter Blue yang teks karakternya mencapai 25 ribu.

  1. Tampilan antarmuka

Tampilan antarmuka Threads tidak memperlihatkan jumlah orang yang diikuti (following) pengguna lain di profil mereka. Apabila Anda penarasan, bisa membuka profil, klik jumlah pengikut (followers), kemudian geser ke kanan untuk melihat tab tab following.

Hal ini berbeda dengan Twitter yang tampilan antarmukanya langsung memamerkan jumlah followers dan following secara berdampingan.

  1. Centang biru

Akun terverifikasi di Instagram akan otomatis mendapat centang biru di Threads. Hal ini karena Threads terkoneksi langsung dengan Instagram. Pengguna Threads wajib memiliki akun Instagram untuk bisa memulai menggunakan aplikasinya.

Sementara untuk mendapatkan centang biru di Twitter, pengguna perlu berlangganan Twitter Blue.

  1. Trending topik

Pengguna Twitter dapat dengan mudah melihat topik yang sedang trending. Hal ini karena Twitter memiliki fitur ‘Trends For You’.

Fitur ini tidak ditemui pada Threads. Hal ini mungkin karena Threads belum tersedia untuk akses desktop.  

Demikian informasi tentang perbedaan Threads dan Twitter. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.