Penelitian di Turki Menyebut G-Spot pada Wanita Sebenarnya Ada
Ilustrasi wanita mengalami orgames. (foto: dok pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Selama bertahun-tahun, para ilmuwan dan pria, yang membuat frustrasi bagi pasangan mereka, belum bisa membuktikan bahwa G-spot itu nyata. Namun, penelitian di Turki kini mengklaim bahwa mereka memiliki bukti bahwa zona erotis ini benar-benar ada setelah menemukan bahwa wanita mengalami orgasme yang lebih sedikit dan kurang intens setelah menjalani operasi pada area yang sensitif ini.

Para tenaga medis memantau puluhan wanita selama enam bulan setelah menjalani operasi untuk mengobati prolap, yang bertujuan untuk mengencangkan otot-otot di dinding depan vagina. Area ini diyakini mengandung G-spot, yang konon terletak beberapa inci di dalam dinding atas vagina.

Sementara tingkat gairah wanita tetap sama setelah operasi, hasil penelitian mengungkapkan bahwa kenikmatan seksual mereka berkurang. Penulis makalah mengatakan bahwa G-spot 'mungkin rusak dalam operasi ini'.

Operasi tersebut bertujuan untuk memperbaiki prolap dinding vagina anterior, yang terjadi ketika otot-otot melemah sehingga kandung kemih turun ke dinding depan vagina. Peneliti di Rumah Sakit Koru Ankara mengatakan ini adalah salah satu masalah ginekologi yang paling umum. Biasanya disebabkan oleh melahirkan, mengalami menopause, atau kelebihan berat badan - yang semuanya melemahkan otot lantai panggul.

Gejalanya dapat mencakup perasaan berat di sekitar perut bagian bawah dan alat kelamin, masalah buang air kecil, dan ketidaknyamanan atau mati rasa selama berhubungan seksual.

Pasien dengan prolap parah yang memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka mungkin akan dirujuk untuk menjalani anterior colporrhaphy, yang melibatkan pengencangan otot-otot di dinding depan vagina yang menahan kandung kemih.

Peneliti mencatat bahwa operasi ini seharusnya meningkatkan atau mengembalikan kualitas hidup pasien. Namun, belum jelas apakah operasi tersebut memengaruhi kepuasan seksual.

Mereka mencatat bahwa operasi ini dapat merusak zona erotogenik di dinding depan vagina, yang dikenal sebagai G-spot, yang membengkak selama hubungan seksual dan dianggap memiliki peran besar dalam orgasme. Para peneliti mengamai 89 pasien, berusia 24 hingga 62 tahun, yang menjalani operasi antara Mei dan Desember 2021.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology menunjukkan bahwa keinginan seksual dan gairah pasien tidak berubah. Namun, terjadi penurunan frekuensi orgasme yang 'luar biasa' setelah operasi, sementara intensitasnya juga menurun dan rasa sakit meningkat.

Peneliti mengusulkan bahwa ini disebabkan oleh kerusakan G-spot selama operasi - meskipun keberadaannya masih belum terbukti secara teknis. Mereka mencatat bahwa hampir semua orang sepakat bahwa dinding anterior vagina adalah 'salah satu struktur paling penting untuk orgasme seksual wanita'.

Sebagai hasilnya, para tenaga medis harus mempertimbangkan pengobatan alternatif untuk prolap dinding vagina anterior yang sesuai, seperti terapi laser untuk menjaga kenikmatan seksual, menurut tim penelitian tersebut.

Namun, mereka hanya memantau pasien selama enam bulan ketika mereka masih dalam tahap pemulihan dari operasi, yang dapat memengaruhi hasil penelitian ini. Studi jangka panjang diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan mereka.

G-spot dinamai dari Ernst Gräfenberg, seorang ginekolog asal Jerman, yang menggambarkan daerah yang dapat memicu orgasme pada tahun 1950-an. Dr. Gräfenberg sendiri tidak menciptakan istilah tersebut. Namun, dia adalah orang pertama yang secara ilmiah menjelaskan 'zona erotis' yang terletak 'di dinding anterior vagina sepanjang uretra'. 'G-spot' dinamai dengan namanya oleh Dr. Frank Addiego dan rekan-rekannya, yang menulis tentang ejakulasi wanita pada tahun 1980-an.

Namun, ilmu tentang G-spot ini masih diperdebatkan, dengan berbagai penelitian yang mengklaim bahwa tidak ada yang menemukannya. Beberapa berpendapat bahwa tidak ada satu titik tertentu dan bahwa lima jaringan 'erotogenik' terpisah melakukan sensasi kenikmatan yang dikaitkan dengan G-spot.

Ilmuwan Portugal bahkan menggambarkan G-spot sebagai sesuatu yang mirip dengan kota Atlantis yang hilang setelah gagal menentukan lokasi, ukuran, atau sifatnya.

Hipoisis lain adalah bahwa G-spot adalah bagian dalam dari klitoris yang dirangsang selama berhubungan seks. Beberapa ahli telah mengklaim bahwa studi yang mengatakan G-spot tidak ada mengabaikan pengalaman wanita yang mengklaim memiliki G-spot. Yang lain berpendapat bahwa fokus pada G-spot, dalam hal kenikmatan seksual wanita, dapat membuat mereka yang sulit mencapai orgasme dari rangsangan G-spot merasa 'tidak memadai atau abnormal'.