Apa Itu Wifi Koin: Berikut Penjelasannya
Apa Itu Wifi Koin

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seseorang pengguna Twitter memberikan unggahan foto layanan WiFi Koin berbayar di suatu warung. Unggahan tersebut dikomentari oleh pengguna Twitter yang lain yang mencuitkan foto layanan WiFi Koin serupa. Lantas, kira-kira apa itu wifi koin?

"Menemukan ini di suatu warung, menarik banget. WiFi ga bisa minta gratis, jadi bayar dengan koin seperti telepon koin era dahulu," cuit pengguna Twitter tersebut.

Apa Itu Wifi Koin

Lalu apa itu WiFi koin? WiFi koin rupanya ialah layanan penyedia WiFi tanpa router serta kabel LAN. Mesin wifi yang dioperasikan dengan koin ini dirancang buat membagikan layanan internet berbayar memakai koin selaku pembayaran.

Buat mengakses layanan internet dari WiFi koin, pengguna wajib memasukkan koin sesuai jumlah yang diminta ke kotak yang disediakan.

Seperti diungkap akun Twitter@vii_r_us, pada WiFi koin box, ada lubang tempat memasukkan koin supaya pengguna dapat mengenakan layanan internet.

Lubang tempat memasukkan koin ini mirip dengan lubang koin yang terdapat di telepon umum. Di mana, kala pengguna hendak menelepon, mereka wajib memasukkan koin serta menekan no telepon yang ingin dihubungi.

Dalam permasalahan WiFi koin ini, pengguna dapat memilah nama WiFi Koin selaku layanan WiFi yang mau dipakai buat tersambung ke internet. Berikutnya, pengguna bakal diminta memasukkan koin.

Pada foto tersebut, tertera buat memakai koneksi internet selama 3 jam, pengguna diminta memasukkan koin Rp 2.000. Begitu memasukkan koin sesuai yang diminta, pengguna mengklik tombol Selesai, laku internet juga siap dipakai.

Banyak Dijual di Marketplace

Sekadar informasi, sebelumnya fitur seragam sempat viral di internet pada akhir 2021.

Melansir dari beberapa sumber, rupanya fitur WiFi koin box ini banyak dijual di marketplace, semacam di Tokopedia, Lazada Indonesia, sampai Shopee. Biayanya juga bermacam- macam, mulai dari Rp 2,2 juta, Rp 3 jutaan, sampai ada pula yang Rp 4,1 jutaan.

Buat instalasi WiFi koin ini, pengelolanya wajib menghubungkan fitur WiFi koin box ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider).

Dikala mengklik salah satu produk yang terdapat di marketplace, kolom deskripsi diisi oleh penjual dengan bermacam penjelasan tentang peranti WiFi koin tersebut.

Misalnya sang penyedia WiFi koin box sediakan lisensi aplikasi yang berlaku selamanya, petunjuk dengan suara bahasa Indonesia, pengelola pula dapat mengatur tarif serta durasi penggunaan sang pengguna, serta bermacam pengaturan yang lain. 

Jadi setelah mengetahui apa itu wifi koin, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!