Simak Tujuh Manfaat Menggunakan VPN yang Jarang Diketahui
Foto: Ilustrasi VPN (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui, penggunaan virtual private network (VPN) di smartphone, komputer, atau seluruh jaringan di rumah Anda memiliki banyak manfaat.

Jadi, mari kita kupas tujuh manfaat lain dari VPN berdasarkan laporan dari perusahaan keamanan siber global Kaspersky.

Menonton acara olahraga atau TV asing

Jika Anda pindah ke luar negeri atau sekadar pergi berlibur, Anda merasa kesal karena pertandingan tim sepak bola yang Anda sukai tidak disiarkan di TV di sana. Nah, masalah ini biasa diselesaikan dengan VPN. Anda perlu memilih server VPN di negara asal olahraga tersebut ditayangkan, dan menyambungkannya.

Lewati pelambatan bandwidth

Di jaringan seluler, tempat umum, atau sambungan rumah, ISP membatasi kecepatan komunikasi, yang dikenal sebagai pembatasan bandwidth, sehingga menjelajah internet menjadi lebih lambat. Dengan menggunakan VPN, penyedia layanan tidak dapat melihat secara pasti apa yang Anda lakukan saat online, sehingga mereka tidak dapat membatasi bandwidth Anda.

Bermain gim di wilayah yang diinginkan

Sama seperti acara tv, beberapa gim atau server gim terkadang memiliki batas zonanya. Untuk itu, penggunaan VPN akan menjamin koneksi ke server terbaik untuk bermain gim yang Anda inginkan bersama dengan orang lain di seluruh dunia.

Menghindari kebijakan harga

Di banyak toko, harga barang dan jasa kerap kali berbeda secara signifikan dari satu negara ke negara lain. Anda dapat memanfaatkan penawaran musiman (seperti black friday) dan menghemat uang dengan menghubungkan ke server VPN di negara yang diinginkan. Setelah itu, dengan masuk ke toko online versi regional, Anda akan melihat promosi lokal dan menikmati diskon terbaik.

Berbelanja dengan tenang

Jaringan publik — baik itu Wi-Fi di bandara, hotel, kafe, kereta api, atau bus bisa menimbulkan sejumlah risiko pada perangkat Anda. Melalui saluran VPN terenkripsi, hal ini tidak dapat terjadi. Penjahat dunia maya di sekitar, pemilik kafe, dan penyedia Wi-Fi yang memiliki niat jahat tidak dapat melihat atau mencegat aktivitas online Anda.

Dapat membuka situs web yang diblokir secara geografis

Karena alasan hukum dan keamanan, beberapa situs memilih untuk menutup koneksi dari negara lain. Nah, jika Anda perlu menggunakan situs tersebut, Anda perlu mengarahkan VPN Anda ke server di negara masing-masing.

Buka situs web meskipun diblokir

Skenario kebalikan dari pemblokiran geografis adalah ketika Anda tiba di negara yang, misalnya, memblokir aplikasi seperti Google atau Instagram. Dengan menyambung ke server VPN di negara lain, Anda dapat terus menggunakan akun dan layanan seperti biasa.