Kominfo Buka Lab Pengujian Perangkat Standar Internasional, Gratis Buat UMKM
Menkominfo Budi Arie Setiadi (foto: Tangkapan layar YouTube Kemkominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berharap kehadiran Indonesia Digital Test House atau Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi nya bisa mempercepat transformasi digital di Indonesia. 

Diresmikan pada Selasa, 7 Mei di Tapos, Depok, IDTH dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo ini sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat berkelas internasional. 

Perangkat ini akan digunakan untuk menguji fitur-fitur perangkat digital seperti fitur telekomunikasi radio frekuensi, electromagnetic compatibility, electrical safety, dan specific absorption rate (SAR). 

“Fasilitas pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di seluruh Indonesia, melakukan standarisasi produk ekspor maupun impor perangkat, serta menjamin interoperabilitas dan perlindungan interferensi antar perangkat,” tutur Budi. 

Peresmian ini juga menandakan penambahan kapasitas yang signifikan di IDTH. Dari tahun 2023 terdapat 644 fitur yang diuji, dan seiring dengan penambahan perlengkapan dan pengembangan teknologi, di tahun 2024 diproyeksikan akan meningkat menjadi sekitar 1600 fitur. 

“Sedangkan di tahun 2025 sampai 2026 IDTH diperkirakan mampu melayani pengujian hingga 5.000 fitur per tahun,” tambahnya. 

Kominfo juga berkomitmen untuk mendukung transformasi digital untuk UMKM, dengan memfasilitasi pengujian perangkat dan pengembangan inovasi atau alat mereka secara gratis. 

“Kami juga memberikan perhatian serius untuk memfasilitasi pelaku industri lokal dan UMKM agar dapat melakukan pengujian perangkat dan pengembangan inovasi dengan memanfaatkan berbagai peralatan yang ada di IDTH, kalau untuk UMKM kita gratiskan, jadi UMKM, pengusaha lokal tidak usah bayar,” tegasnya.