Deretan Fitur AI Tersembunyi di iPhone
Fitur berbasis AI di iPhone (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Samsung dan Google terus mendorong penggunaan Artificial Intelligence (AI) di berbagai fitur ponsel mereka. Meski Apple sedikit tertinggal dalam penerapannya, iPhone sudah memiliki beberapa fitur AI.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Apple sudah mengembangkan beberapa fitur AI, baik itu aplikasi yang sering Anda gunakan maupun tidak. Jika Anda ingin tahu apa saja fiturnya, berikut ini beberapa fitur AI di iPhone yang dikutip dari Makeuseof.

Salin Teks Melalui Gambar dan Video

iPhone memiliki fitur yang menarik, yaitu menyalin teks dari gambar atau video apa pun. Fitur bernama Live Text ini menggunakan machine learning dan pengenalan gambar agar teks berupa tulisan atau ketikan dalam berbagai bahasa bisa disalin.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memakai iPhone dengan seri Xs atau yang lebih baru. Jika perangkat Anda kompatibel, buka aplikasi kamera dan arahkan ke objek yang memiliki teks. Setelah itu, ketuk tombol Live Text yang ada di sudut kanan bawah.

Pengenalan Orang dan Hewan di Foto

Fitur berbasis AI berikutnya adalah pengenalan wajah orang dan hewan di aplikasi foto. Fitur ini akan membantu Anda menemukan foto dengan wajah yang diinginkan secara cepat. Meski menggunakan foto, Apple menjamin privasi data penggunanya.

Jika Anda ingin mencari foto tertentu dengan wajah yang diinginkan, Anda hanya perlu membuka aplikasi foto. Setelah itu, klik tab Album, gulir layar ke bawah, lalu  ketuk menu Orang dan Hewan Peliharaan. Saat ikon wajah muncul, cari wajah yang Anda inginkan lalu ketuk untuk melihat lebih banyak lagi.

Deskripsi Gambar AI

iPhone memiliki fitur aksesibilitas bagi para pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, yaitu Deskripsi Gambar. Fitur ini mengandalkan Voice Over untuk menjelaskan apa yang sedang dilihat oleh kamera.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fiturnya, buka aplikasi Kaca Pembesar, aktifkan fiturnya dengan mengetuk ikon Pengaturan di sudut kiri bawah, lalu klik tombol plus di sebelah Deskripsi Gambar. Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan fiturnya di Kamera.