Meluncur di Android, Clubhouse Alami Penurunan Unduhan di iOS?
Ilustrasi Clubhouse (Image Credit: William Krause / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sekian lama menanti akhirnya Clubhouse meluncur untuk pengguna Android. Namun, uji coba ini baru bisa dinikmati oleh warga Amerika Serikat (AS) terlebih dahulu.

Jika Anda tinggal di AS, Anda sudah dapat mengunduh Clubhouse di Play Store saat ini. Perusahaan mengatakan secara bertahap akan membuat aplikasi baru tersedia di negara-negara berbahasa Inggris lainnya dan kemudian di seluruh dunia.

Melansir The Verge, Senin 10 Mei, jejaring sosial bernilai sekitar 4 miliar dolar AS itu diluncurkan sebagai aplikasi khusus iPhone tahun lalu. Aplikasi ini dengan cepat mendapatkan popularitas di tahun yang sama, menarik beberapa selebriti terkenal, politisi, investor, dan pengusaha.

Clubhouse mulai mengembangkan aplikasi Android awal tahun ini dan menguji versi beta secara eksternal bulan ini. Startup tersebut menyatakan ketersediaan aplikasinya di Android telah menjadi produk yang paling banyak diminta.

“Rencana kami selama beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah yang kami lihat dan bekerja untuk menambahkan beberapa fitur akhir seperti pembayaran dan pembuatan klub sebelum meluncurkannya secara lebih luas,” ungkap pihak Clubhouse.

Sementara menurut laporan Reuters, Clubhouse mengalami penurunan jumlah unduhan di perangkat iOS. Data dari Sensor Tower menunjukkan Clubhouse mencapai puncaknya pada Februari dengan 9,6 juta unduhan, angka itu turun menjadi 2,7 juta pada Maret dan kemudian 900.000 unduhan pada April.

Penurunan tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana kepopuleran Clubhouse yang sejatinya menjual eksklusifitas. Meski dengan diluncurkannya versi Android, Clubhouse ingin meningkatkan jumlah penggunanya.

Mengingat Clubhouse versi Android terjadi ketika sejumlah raksasa teknologi termasuk Facebook, Twitter, Discord, Spotify, Reddit dan Microsoft LinkedIn meluncurkan layanan audio serupa. Misalnya saja Twitter dengan Spaces, telah muncul sebagai salah satu pesaing terbesar bagi Clubhouse.