Demam NFT, TikTok Mulai Jual Video Pendeknya dalam Bentuk Non-Fungible Token
TikTok akan jual video dalam bentuk NFT (CoinColik)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah demam non-fungible token (NFT) yang melanda dunia, baru-baru ini TikTok dikabarkan mulai menjual konten video dalam bentuk NFT. Konten video yang dijual tersebut merupakan video terbaik yang pernah dibuat oleh kreator TikTok. Ini merupakan bentuk apresiasi dari TikTok terhadap pembuat konten di platformnya.

Platform video pendek milik perusahaan induk ByteDance itu memungkinkan pembuat video mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu saja penghasilan tambahan tersebut tidak sedikit, pasalnya pembayaran NFT akan dibayar dengan menggunakan kripto Ethereum yang saat ini senilai Rp45 jutaan per koinnya.

Sebagai informasi, NFT bisa berupa gambar, video, lagu, dan beragam aset digital lainnya yang didaftarkan dalam catatan blockchain. NFT serupa dengan sertifikat kepemilikan digital. Semakin koleksi NFT tersebut langka, maka harganya semakin tinggi. Ini serupa dengan seni digital.

Rencananya konten NFT yang dijual akan terkumpul dalam TikTok Top Moments yang merupakan daftar enam video TikTok paling trending di platform video pendek tersebut. Setiap video yang masuk ke dalam TikTok Top Moments berpeluang besar untuk dijual dalam bentuk non-fungible token.

“Hari ini, kami mengumumkan koleksi NFT pertama kami di TikTok Top Moments, untuk beberapa konten kreator atas video trending yang telah mereka buat,” ungkap pihak TikTok dalam sebuah postingan blog.

Setiap transaksi konten video dalam bentuk NFT akan tercatat dalam blockchain sehingga diakui keaslian dan kepemilikannya. Blockchain merupakan teknologi yang mendasari kripto, teknologi tersebut menyerupai buku besar yang mencatat seluruh jual beli.

TikTok akan menjual konten videonya mulai 6 Oktober mendatang. Pihak TikTok juga menyebutkan bahwa hasil dari penjualan NFT akan langsung diberikan kepada pembuat konten dan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan video tersebut. Mereka juga mengatakan sebagian akan disumbangkan untuk amal. Proyek TikTok NFT ini mendapat dukungan dari perusahaan NFT yakni Immutable, sebagaimana dilansir dari The Block Crytpo, Jumat 1 Oktober 2021.

Nick Tran selaku Global Head of Marketing TikTok mengaku sangat antusias terhadap program ini, terutama karena melibatkan para kreator konten terkenal seperti Bella Poarch, Brittany Broski, Rudy Willingham, Lil Nas X, Curtis Roach, Jess Marciante, Gary Vaynerchuk, dan FNMeka.

“Kami antusias melihat bagaimana kreator khususnya yang terlibat dalam program NFT ini dapat menunjukkan karya terbaik mereka di sini (TikTok),” ungkap Tran.