Aliando Syarief Mengaku Terjangkit Penyakit OCD: Ngelihat Hal yang Dicampakkan Itu Kasihan
Aliando Syarief (Instagram @aliandooo)

分享:

SURABAYA - Seleb Aliando Syarief baru-baru ini menyatakan dirinya telah didiagnosis terkena gangguan mental OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Lewat siaran langsung di Instagram, ia menjelaskan bahwa kondisi tersebut membuat dirinya harus istirahat sebentar dari dunia hiburan termasuk akting. Hasilnya sudah satu tahun belakangan, ia ikut terapi agar bisa sembuh.

Gejala OCD Aliando Syarief

Melansir Alodokter, OCD adalah gangguan kesehatan mental di mana seseorang harus melakukan tindakan secara berulang-ulang.

“Gue kena OCD dan gue harus punya terapi beberapa tahun, setahun lebih makannya gue kenapa harus putus di Keajaiban Cinta atau proyek yang kemarin di sinetron, jadi ya harus di sini," kata Aliando Syarief melalui siaran langsung di Instagram pada Kamis, 27 Januari.

Pemain sinetron Keajaiban Cinta ini mengatakan bahwa gejala OCD bisa dialami secara berbeda oleh setiap pasien. Dalam kasus dirinya, Aliando merasa dia tidak tega setiap kali sesuatu hendak diambil atau dibuang.

"Kalau misalkan dari Ali, kan orang beda-beda ya OCD-nya, kalau Ali tuh, aduh apa sih namanya, kalau yang barang tuh enggak boleh ada yang ngambil," kata Aliando.

Ia mengumpamakan OCD yang dialaminya seperti tidak mau buang sampah karena ada rasa kasihan. "Kayak ibaratnya sampah aja tuh maunya disimpan enggak mau dibuang karena kasihan. Ngelihat hal-hal yang dicampakkan itu kasihan. Nah itu tuh kayak nyakitin diri sendiri juga ngelihatnya," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berani Jujur Terjangkit Penyakit OCD, Warganet Berbondong-bondong Doakan Aliando Syarief: Lekas Sembuh Bang.