Tips Parenting: Ketahui 4 Alasan Buah Hati Takut Masuk Sekolah
Ilustrasi anak sekolah (Max Fischer/Pexels)

分享:

SURABAYA - Salah satu tips parenting yang bisa diikuti oleh orang tua adalah tahu penyebab anak takut masuk sekolah. Hal tersebut sering terjadi terutama saat tahun ajaran baru tiba. Banyak orang tua yang mengalami hal tersebut dan kejadiannya selalu berulang.

Tips Parenting

Alasan anak anak yang dikemukakan kepada orang tua juga beragam. Namun secara umum, ada beberpa penyebab mengapa anak-anak takut sekolah.

Melansir laman Parenting, Senin, 11 Juli, setidaknya ada empat alasan umum mengapa buah enggan berangkat sekolah. Apa saja alasan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cemas karena Berpisah

Umumnya, masalah ini terjadi pada anak-anak yang masih kecil, misalnya saja balita yang baru masuk preschool atau TK.

Gangguan ini merupakan kecemasan berlebihan tentang perpisahan dengan orang tua saat harus pergi sekolah. Kecemasan tersebut meliputi ketakutan yang amat besar akan bahaya dan termasuk kematian yang bisa menimpa orang tua ketika berpisah.

2. Kecemasan Sosial 

Anak-anak dengan kecemasan sosial cenderung memiliki kekhawatiran terhadap pandangan dan penilaian teman sekolah atau gurunya. Beberapa ketakutan yang mereka miliki antara lain adalah tampil di depan umum, dihakimi, dan berinteraksi dengan anak lain.

3. Cemas  dengan Situasi Baru

Anak-anak dengan keluhan kecemasan umum memiliki kekhawatiran terhadap sejumlah peristiwa atau kegiatan misalnya bagaimana bila ia haus, bagaimana bila ia kebelet untuk buang air, bagaimana bila ia tidak sengaja terjatuh, dan lainnya.

Pada akhirnya, kecemasan tersebut menyebabkan tekanan sosial, kinerja akademis, dan lainnya.

4. Korban Perundungan

Perundungan bisa menyebabkan anak trauma untuk bertemu dengan anak baru. Ia khawatir akan mengalami pengalaman yang sama. Untuk itu, agar tidak terjadi kejadian kurang menyenangkan yang kedua kali, si kecil memilih untuk menjauh dari sekolah.