Tips Menghadapi Teman Sensitif Agar Terhindar dari Situasi Canggung
Ilustrasi menerapkan cara menghadapi teman yang sensitif (Priscilla Du Preez/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Memiliki teman memang sangat menyenangkan. Namun, teman yang sensitif kadang menjadi kendala bagi kita untuk lebih dekat. Seseorang yang sensitif akan lebih mudah tersinggung, dan kesehatan mental yang dimilikinya kadang lebih rapuh dibanding yang tidak. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengaplikasikan tips menghadapi teman sensitif.

Dengan mengetahui cara menghadapi seseorang yang sensitif, Anda bisa terhindar dari situasi yang canggung karena suatu hal.

Hati-hati dalam ucapan

Biasanya orang yang sensitif akan mudah tersinggung, jika Anda tidak mem-filter ucapan Anda. Pintar dan bijaklah dalam memilih kata-kata agar hubungan Anda selalu nyaman dan terkendali.

Jangan terpancing emosi

Orang yang sensitif cenderung suka meluapkan emosi dan wajar sekali jika Anda ikut kesal. Akan tetapi, percayalah orang yang mudah terpancing emosi, biasanya emosinya akan cepat reda. Mereka sendiri sebenarnya tidak ada maksud untuk menyakiti. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu melakukan pendekatan yang soft dan mencoba mendengarkan dan mengerti permasalahan mereka.

Jangan kritik di depan umum

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk teman sensitif saja karena sebenarnya tindakan ini kurang sopan. Jika Anda tidak menyukai suatu hal dari teman, cobalah untuk memilih waktu yang tepat untuk bicara berdua dengannya. Untuk menghindari pertengkaran hebat, Anda memang perlu menyembunyikan kesalahannya ketika berada di depan umum.