Tips Berteman dengan Orang Pendiam Agar Hubungan Tetap Akrab dan Tak Saling Membisu
Ilustrasi cara akrab dengan orang pendiam (Unsplash/Brookie Cagle)

Bagikan:

SURABAYA - Membangun pertemanan memang menyenangkan. Namun kadang seseorang merasa kesulitan, terlebih saat berteman dengan seorang yang pendiam. Tak perlu khawatir, pertemanan bisa tetap langgeng dengan mencoba tips berteman dengan seorang pendiam. 

Tips Berteman dengan Orang Pendiam

Patut diketahui bahwa seorang introvert punya kecenderungan lebih pendiam dan pemalu. Hal itu bisa membuat mereka lebih sulit untuk didekati. Tak heran jika berteman dengan seorang yang pendiam akan butuh waktu lebih banyak dan usaha lebih keras. 

Tetapi pada akhirnya hubungan akan terjalin dengan lebih kaya. Karena introvert menganggap orang-orang terdekatnya memiliki tempat khusus dalam hidupnya, berikut cara menjaga persahabatan dengan seorang introvert yang pendiam.

1. Hargai Privasinya

Introvert sangat menghargai ruang pribadi dan privasi mereka, jadi penting untuk menghormati batasan mereka. Ini berarti Anda perlu memberikan pemberitahuan jika akan berkunjung ke rumah mereka dan tidak membawa tamu kejutan tanpa memberi tahu mereka sebelumnya.

Batasan bagi introvert berkaitan dengan bagaimana mereka mengelola momen ketika bertemu dengan orang lain. Mungkin, jika menghadapi kejutan mereka akan merasa kewalahan.

2. Pahami mengapa mereka menolak undangan

Ketika seorang introvert merasa kewalahan dalam situasi sosial, pamit duluan, menolak undangan, atau bahkan mundur dari rencana yang dibuat. Meskipun hal ini mungkin terasa pribadi, ini lebih mungkin merupakan tanda bahwa mereka merasa gugup, kewalahan, atau hanya perlu waktu sendiri untuk memulihkan tenaga.

Cobalah untuk tidak menganggapnya pribadi ketika ini terjadi, karena mereka mungkin hanya mengambil beberapa ruang pribadi yang dibutuhkan.

3. Dorong mereka untuk terbuka kepada Anda

Introvert bisa menjadi pendiam dan sering membutuhkan seseorang yang sedikit lebih ekstrovert untuk menarik mereka keluar dengan mengajukan pertanyaan atau memulai percakapan dengan mereka. Karena mereka mungkin tidak akan angkat bicara kecuali diminta, buka dulu percakapan yang dapat menghangatkan persahabatan Anda.

Biasanya topik yang terbaik adalah memulai dengan perbincangan yang lebih dangkal. Bahasan topik yang lebih dalam atau lebih pribadi bisa dilakukan setelah kepercayaan terjalin.

4. Jangan menganggap diam mereka secara pribadi

Introvert menghabiskan banyak waktu di dunia pikiran dan perasaan mereka sendiri dan mungkin diam dalam kelompok orang. Hal ini dapat menyebabkan mereka disalahpahami oleh orang lain, yang mungkin tersinggung oleh kebisuan mereka.

Alih-alih bertanya, "Mengapa kamu begitu diam?" atau menganggap mereka kesal, coba asumsikan teman-teman introvert Anda pada dasarnya pendiam. Diam adalah normal bagi mereka dan bukan berarti mereka tidak mendengarkan atau terlibat.

5. Ajak mereka hang out sedikit orang

Introvert cenderung tidak merasa kewalahan saat berinteraksi dengan orang 1:1 atau dalam kelompok kecil, dilansir Social Self. Pertimbangkan untuk meminta teman introvert Anda untuk nongkrong di tempat yang tenang di mana Anda dapat berbicara, seperti di kafe yang sepi atau di taman setempat.