Ingin Lebih Intim dengan Pasangan? Coba Mutual Masturbasi
Ilustrasi mutual masturbasi (Unsplash/Jackson David)

Bagikan:

SURABAYA - Ada banyak cara untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan, salah satunya dengan melakukan mutual masturbasi atau masturbasi bersama. Aktivitas tersebut juga direkomendasikan oleh ahli seks edukasi.

Apa Itu Mutual Masturbasi

Menurut terapis seks, pernikahan, dan keluarga berlisensi, Kamil Lewis, LMFT., mutual masturbasi adalah aktivitas masturbasi yang dilakukan dengan lebih dari sekedar diri sendiri.

Dengan melakukan masturbasi bersama, akan membuka kesempatan untuk menunjukkan kepada pasangan apa yang merasa baik bagi Anda tanpa harus mengungkapkannya secara lisan.

Dalam aktivitas mutual masturbasi, tercipta perasaan terangsang dan bersentuhan satu sama lain. Pasangan Anda mungkin menemukan diri dan berpotensi mengeksplorasi. Terang Lewis lebih lanjut, bisa jadi aktivitas ini mengasyikkan.

“Kita mungkin mengandalkan sentuhan, atau jenis sentuhan tertentu untuk membuat kita merasa baik,” kata Lewis. Meskipun menyentuh pasangan mungkin bisa diprediksi dan bisa diandalkan, terkadang aktivitas seksual menjadi monoton dan biasa. Dengan mutual masturbasi, pasangan bisa saling melibatkan indra. Mulai dari saling mendengarkan, merasakan, dan menghargainya.

Pengalaman Masturbasi

Penulis buku Uncompromising Intimacy, Alexandra Stockwell, mengatakan “Saat bermasturbasi di ruangan yang sama dengan orang lain dan menontonnya, kita mengakses beberapa objektivitas yang secara unik berpadu dengan subjektivitas pengalaman kita sendiri.”

Karena masturbasi dianggap sebagai aktivitas solo, mungkin ada rasa malu yang terkait dengan aktivitas mutual masturbasi. Rasa ini sangat wajar, jelas Lewis. Tambahnya, kita wajar merasa malu untuk terlihat rentan di depan orang lain yang menyaksikan.

Terdapat banyak variasi dalam mutual masturbasi, selain saling menyentuh, pasangan melihat dan bergiliran. Bisa juga menikmati suasana intim dengan mainan, makanan, dan media erotis lainnya secara bersamaan.

Saran Para Pakar

Saran pakar, seperti yang dilakukan pada aktivitas seksual lainnya, pastikan Anda dan siapapun yang beraktiitas ini dengan Anda mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Ini tujuannya untuk tetap melakukan seks seaman mungkin.

Sementara saling terbuka pada kerentanan masing-masing, dalam mutual masturbasi dapat meningkatkan keintiman, aktivitas ini mungkin juga tidak nyaman pada awalnya. Tetapi yang membuatnya berharga adalah bahwa Anda dan pasangan akan dapat belajar tentang satu sama lain dalam suasana baru.