Kucing Makan Rumput Sesekali, Begini Penjelasan dari Ahli
Ilustrasi kucing makan rumput (Unsplash/Piotr Musiol)

Bagikan:

SURABAYA - Bagi Anda yang punya hewan peliharaan kucing, tentu ada kebiasaan mereka yang kadang mengagetkan pemilik, salah satunya adalah kebiasaan kucing makan rumput sesekali. Kebiasaan itu ternyata bukan hal aneh.

Kucing Makan Rumput Sesekali

Rumput yang kadang dimakan oleh kucing, biasanya bukan catnip atau catmint punya manfaat baik untuk pencernaan. Kucing makan rumput tertentu yakni yang berasal dari biji-bijian seperti gandum, barley, rye, oat, dan alfalfa.

Patut diketahui bahwa banyak penelitian dan survei yang mengeksplorasi alasan kenapa kucing kadang makan rumput. Dalam penelitian belum ada penjelasan secara pasti, namun serangkai penelitian tampaknya bisa menjawab alasan hewan karnivora ini diam-diam menggigit pucuk rumput.

Cara Menenangkan Perut

Kucing makan rumput, pernah dipercaya sebagai cara mereka untuk menenangkan perut. Dalam survei yang dilakukan tahun 2021 dalam jurnal Characteristics of plant eating in domestic cats oleh Benjamin L. Hart, dkk. dari University of California, menemukan dari 65 persen responden melaporkan kucing makan rumput setiap minggu.

Dari jumlah tersebut, hanya 6 persen dari mereka melaporkan kucingnya sakit sebelum mengunyah tanaman. Sedangkan 37 persen melaporkan sering muntah setelah makan rumput.

Hasil Penelitian

Berdasarkan laporan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa kucing tidak benar-benar makan tanaman, termasuk rumput kucing agar mereka lebih baik karena 94 persen kucing dalam survei tampaknya baik-baik saja sebelum makan apapun.

Hipotesis lain mengapa kucing memakan rumput adalah untuk membantu mengeluarkan bola rambut atau hairball. Studi dilansir The Spruce Pets, Rabu, 29 Juni, menemukan anabul makan rumput untuk menenangkan perut mereka karena menelan hairball.

Hairball adalah bulu rambut yang rontok dan termakan saat mereka ‘mandi’ atau menjilati tubuhnya. Makan rumput, membantu kucing memuntahkan hairball atau ketika mereka buang air besar. Gagasan ini mungkin lebih diterima karena pada beberapa kasus, kucing memuntahkan rumput yang telah ia makan bersama hairball.

Alasan Lain

Pendapat dan studi lain juga menemukan bahwa ada alasan berbeda kenapa kucing kadang makan rumput.

Alasannya, untuk mengendalikan dan mengeluarkan parasite usus. Studi yang dilakukan di Belgia mengamati berbagai karnivora liar, termasuk spesies Canidae, tetapi juga kucing liar, lynx, puma, dan macan tutul.

Studi ini menunjukkan bahwa makan rumput bukan hanya perilaku kucing domestik, tetapi juga perilaku alami pada seluruh family kucing.

Rumput Khusus Kucing

Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, baiknya menyediakan rumput khusus untuk kucing yang bisa dibeli di pet shop. Sebab jika anabul makan rumput liar, bisa terkontaminasi pestisida dari tanaman di sekitarnya. Belum lagi berisiko memakan rumput berparasit.

Meskipun masih perlu dipastikan faktor yang menjadi alasan kucing kadang makan rumput, tetapi kebiasaan ini relatif aman buat mereka. Asalkan rumput tidak berpestisida dan bebas parasit.