Perusahaan China Investasi Bidang Kesehatan di Jawa Timur, Penandatanganan Kesepakatan Sudah Diteken
ILUSTRASI KESEHATAN (UNSPLASH)

Bagikan:

SURABAYA - Perusahaan China telah menandatangani kesepakatan kerja sama investasi dengan mitranya yang ada di Indonesia untuk melakukan investasi di bidang kesehatan di Jawa Timur. Penandatanganan dilakukan pada Rabu 29 Juni kemarin di Beijing.

Perusahaan China Teken Kesepakatan

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan antara dua belah pihak. Dari pihak China dilakukan oleh pimpinan perusahaan China-Asia Economic Development Assocation (CAEDA) Yang Guanglin. Sedang dari Indonesia dilakukan oleh Komisaris Utama PT Makmur Berkah Sehat Johan Tedja Surya disaksikan Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun. 

"Kesepakatan ini menandai dimulainya kerja sama baru antara CAEDA dan PT Makmur Berkah Sehat untuk ikut berkontribusi memperkuat pembangunan sektor kesehatan Indonesia," kata Djauhari dinukil dari Antara.

Momentum yang Tepat

Ia melihat kerja sama tersebut dilakukan pada momentum yang tepat ketika Pemerintah Indonesia berkomitmen membangun infrastruktur kesehatan yang tangguh pascapandemi COVID-19.

"Kami berharap adanya tindakan konkret segera dimulai dan KBRI Beijing akan memfasilitasi kerja sama setelah dicapainya kesepakatan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Yang Guanglin menganggap Indonesia sebagai salah satu negara penting mitra China dalam kerangka kerja sama Prakarsa Sabuk Jalan (BRI).

"Sejak perencanaan kerja sama ini, CAEDA tidak hanya mendapatkan dukungan dari pemerintah China, melainkan juga dukungan penuh dari KBRI Beijing dan mitra kami di Indonesia sehingga memberikan keyakinan bagi kelanjutan kerja sama kedua belah pihak pada masa-masa mendatang," katanya.

Apresiasi Johan

Johan Tedja menyampaikan apresiasinya atas pencapaian kesepakatan dengan CAEDA dan berjanji segera menindaklanjuti kerja sama dengan mitranya itu dengan membangun pabrik produksi alat kesehatan di salah satu kawasan industri di Jawa Timur.

Djauhari optimis kerja sama CAEDA dengan Makmur Berkah Sehat itu akan menjadi salah satu bagian penting dari upaya pemerintah Indonesia mengembangkan industri alat kesehatan dari hulu sampai hilir.