Harga iPhone Terbaru Bakal Naik 20 Persen di Jepang, Indonesia Bakal Menyusul
Ilustrasi harga iPhone terbaru di Jepang. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

SURABAYA - Perusahaan teknologi Apple Inc menaikkan hampir seperlima harga iPhone terbaru sekaligus yang jadi andalannya di Jepang. Kenaikan tersebut dilakukan di tengah melemahnya mata uang yen dan meningkatnya inflasi yang terjadi di negara itu.

Harga harga iPhone terbaru

Sebagai informasi, harga Apple iPhone 13 entry level yang berbasis di Cupertino, California kini berada di angka 117.800 yen atau sekitar Rp 13 juta (muncul situs web Apple). Harga tersebut naik jika dibanding dengan harga sebelumnya yang berada di angka 99.800 yen atau sekitar Rp 11 juta.

Saat harga dolar naik 18% terhadap yen year-to-date, harga iPhone yang lebih tinggi, yang mendominasi pasar smartphone Jepang, terpaksa muncul karena dompet konsumen tertekan oleh kenaikan harga untuk kebutuhan sehari-hari.

Apple Tak Komentar

Kenaikan yang meluas seperti itu merupakan perubahan bagi sebagian besar orang Jepang setelah bertahun-tahun merasakan harga yang stabil untuk banyak produk. Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kenaikan harga iPhone ini diperkirakan akan segera meluas ke beberapa negara seiring munculnya inflasi yang semakin merajalela. Bahkan di Indonesia sendiri, seperti muncul di web  eraspace.com, harga iPhone 13 entry level atau iPhone mini kini sudah mencapai Rp15,7 juta.

Peluncuran iPhone 14

Kenaikan harga iPhone ini juga membuat tanda tanya apakah peluncuran iPhone 14 yang dijadwalkan pada bulan September nanti  muncul dengan harga baru yang tentunya lebih mahal dari harga  yang ada saat ini.