Peserta Lari Lintas Alam Mantra Summit Hilang di Gunung Arjuno Kabupaten Malang, 29 Personel Pencari Dikerahkan
Personel gabungan dari Tahura Raden Soerjo saat melakukan persiapan pencarian seorang pelari yang hilang di kawasan Gunung Arjuno. (ANTARA/HO-Tahura R Soerjo)

Bagikan:

SURABAYA - Peserta lari lintas alam Mantra Summit asal Jakarta bernama Yurbianto (46) dilaporkan hilang di kawasan Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Yurbianto hilang pada 3 Juli 2022.

Hilangnya Peserta Lari Lintas Alam Mantra Summit

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi menjelaskan bahwa peserta Marathon Mantra Summit tersebut mulai dilaporkan hilang di kawasan Gunung Arjuno kurang lebih pada pukul 21.00 WIB.

“Benar ada seorang peserta Mantra Summit yang dilaporkan hilang, atas nama Yurbianto. Dilaporkan hilang Minggu (3/7) malam kurang lebih pukul 21.00 WIB,” kata Wahyudi di Kota Malang, Jawa Timur, dikutip Antara, Senin (4/7/2022).

Dilakukan Pencarian

Menurut Wahyudi, pihaknya bersama pemangku kepentingan saat ini sedang melakukan pencarian terhadap penyintas tersebut melalui dua titik operasi pencarian. Penyisiran dilakukan dari jalur Lawang, Kabupaten Malang dan dari arah Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur.

Menurut dia, ada kurang lebih sebanyak 29 personel yang diterjunkan yang terbagi menjadi dua tim tersebut. Tim pencarian itu merupakan personel gabungan dari Tahura Raden Soerjo bersama dan sejumlah elemen terkait.

“Ada dua tim yang diberangkatkan untuk pencarian penyintas. Totalnya sebanyak 29 personel dikerahkan,” katanya.

Istri Lapor ke Petugas

Sebagai informasi, Yurbianto seharusnya melapor pada Pos Gombes setelah dari puncak Gunung Arjuno pada Minggu (3/7). Namun, hingga kurang lebih pukul 19.00 WIB waktu setempat, penyintas tidak melakukan pelaporan pada pos yang dimaksud.

Istri penyintas, Melati Gunawam kemudian melaporkan hal tersebut kepada petugas karena sang suami belum melapor pada pos yang ditentukan tersebut. Yurbianto tercatat sebagai peserta pada kategori 116 kilometer dengan total elevasi 8.050 meter.