6 Makanan Mengandung Vitamin A, Nomor Empat Jarang Disukai
Ilustrasi Makanan mengandung Vitamin A (Oquendo/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Khasiat vitamin A ternyata tak hanya untuk mata dan kulit, namun juga untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk makan makanan yang mengandung vitamin A. Ada banyak makanan mengandung vitamin A yang bisa Anda konsumsi.

Makanan Mengandung Vitamin A

Beberapa makanan bervitamin A juga biasa dikonsumsi sehari-hari. Berikut VOI rangkumkan untuk Anda, melansir laman Byrdie.

1. Wortel

Wortel terkenal dengan manfaat kesehatan mata, karena kandungan beta-karotennya yang tinggi yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Satu buah wortel mengandung lebih dari 200 persen nilai vitamin A yang direkomendasikan setiap hari, tetapi dalam bentuk provitamin.

2. Pepaya

Cara enak lainnya untuk mendapatkan vitamin A adalah dengan menambahkan buah lezat ini ke dalam smoothie Anda. Satu buah pepaya mengandung sekitar 31 persen dari nilai vitamin A yang direkomendasikan setiap hari.

Pepaya menyediakan berbagai nutrisi dan mengandung enzim pencernaan yang mendukung kesehatan usus. Potong pepaya dan gabungkan dengan irisan kelapa dan air jeruk nipis untuk suguhan lezat yang meningkatkan vitamin.

Warna cerah pepaya disebabkan oleh beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A.

3. Susu

Satu cangkir susu murni mengandung sekitar 5 persen dari nilai vitamin A harian yang direkomendasikan. Untuk saran penyajian, susu dapat dikonsumsi dalam gelas atau dicampur bersama oatmeal maupun sereal.

Jika Anda tidak bisa mengonsumsi susu sapi, coba sesekali minum susu kambing atau domba yang lebih mudah dicerna.

4. Keju

Camilan yang lezat dan mengenyangkan, keju dapat membantu Anda mencapai dosis vitamin A harian. Satu potong keju cheddar mengandung sekitar 6 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.

Keju berfungsi sebagai camilan yang mengenyangkan dan juga dijadikan sebagai topping untuk sup dan salad. Namun, Anda perlu konsumsi keju dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuhnya dapat mengakibatkan kolesterol tinggi.

5. Telur

Satu telur mengandung sekitar 16 persen nilai vitamin A yang direkomendasikan setiap hari. Anda bisa mengonsumsi telur orak arik, direbus, atau dipanggang untuk sarapan.

Anda juga bisa mengonsumsi telur dengan campuran ragam sayuran hijau. Dengan cara ini Anda bisa mengonsumsi berbagai macam fitonutrien yang sehat.

6. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A nabati yang bagus. Satu cangkir bayam mengandung 56 persen dari nilai vitamin A harian yang direkomendasikan dalam bentuk karotenoid. Selain itu, bayam juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin A dalam sayur bayam dengan cara ditumis atau diolah menjadi jus.