Terkait Ibadah Haji, Arab Saudi untuk Indonesia: Insya Allah Akan Ada Berita Bagus Terkait Itu
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia (kiri) dan Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (kanan) usai peluncuran pemberian paket sembako dan kurma di Jakarta

Bagikan:

Jakarta – Ada harapan bahwa obadah haji akan diselenggarakan pada tahun 2021 meski sistem kuota masih diberlakukan. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi mengaku masih menunggu informasi terkait hal tersebut.

"Insya Allah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru tapi insya Allah akan ada ibadah haji untuk Muslim di Indonesia serta Muslim di dunia," kata Esam Abid kepada wartawan saat memberikan paket sembako dan kurma di Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis.

Menanti Ibadah Haji 2021

Dubes Esam juga belum bisa memastikan kapan ibadah haji diumumkan secara resmi kepada Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Bagi Muslim di Indonesia dan juga bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia apa yang harus mereka siapkan yakni terkait vaksinasi," ujarnya.

Mereka yang ikut ibadah haji harus divaksin COVID-19 dulu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Vaksin itu terkait dengan jenis vaksin dan tentu saja itu adalah hal utama dan tentu saja nantinya kita akan mengetahui kuota kemudian," jelasnya.

Sebab, kata Dubes Esam, Indonesia akan mendapat kuota jamaah yang sama dengan negara Muslim lain di dunia.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat, KH Cholil Nafis mengatakan bahwa ia sempat berbincang dengan Dubes Esam terkait penyelenggaraan haji tahun 2021. Dalam pernyataannya, KH Cholil mengungkapkan bahwa Dubes Esam tak mengatakan berapa jumlah kuota haji dan kapan kepastian waktu akan keluar.

"Saya tadi sempat berbincang dengan Dubes Esam. Saya tanya sedikit ke beliau, apakah ada haji? Insya Allah ada, tapi kuotanya sedikit," jelas KH Cholil.

Selain terkait ibadah haji 2021, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.