PMI Jember Buka Layanan Donor di Masjid, Puluhan Jamaah Tarawih Sedekah Darah
PMI Jember Buka Layanan Donor di Masjid (pn-jember.go.id)

Bagikan:

Jember – Di momen puasa Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur, inisiatif menggelar safari keliling masjid dengan tujuan melayani masyarakat yang ingin berdonor darah usah Salat Tarawih. Safari dilakukan demi menjaga stok darah tetap aman selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

"Puasa Ramadan 1442 H tidak menghalangi umat Islam yang menjadi relawan pendonor untuk tetap bersedakah melalui donor darah di beberapa lokasi yang sudah dijadwalkan seperti di beberapa masjid," jelas Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki di Kantor PMI, dilansir dari Antara, Jumat.

PMI Jember Anjurkan Donor Darah pada Malam Hari

PMI Jember salah satunya melayani donor darah di Masjid Jami Darul Muttaqin di Kecamatan Balung, Selasa, 13 April, dan Masjid Masjid Jami di Kecamatan Ambulu hari ini, Jumat 16 April.

"Puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid Jami Darul Muttaqin Balung antusias mendonorka darahnya usai salat tarawih dan kegiatan donor darah di masjid setempat sudah rutin digelar," jelasnya.

Zaenal menjelaskan, banyak relawan pendonor yang ukut dalam kegiatan donor darah di masjid setempat. Kegiatan donor darah di masjid Jami Darul Muttaqin Balung bahkan sudah rutin dilaksanakan, termasuk di bulan Ramadan.

"Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan selama bulan suci yang penuh berkah ini," jelasnya.

Ia mengatakan, puasa tak jadi penghalang bagi mereka untuk berdonor darah. Donor darah juga dilakukan pada malam hari agar tak lemas.

"Kalau tidak puasa donor darah bebas dilakukan, kalau pas puasa Ramadan lebih baik dilakukan pada malam hari, kebetulan di masjid-masjid pada Ramadan digelar salat tarawih sehingga usai salat tarawih mereka donor darah," jelasnya.

Para pendonor tak hanya yang ikut tarawih di masjid setempat, namun juga warga sekitaran masjid yang datang saat donor dimulai.

"Masyarakat sekitar masjid juga banyak yang ikut donor darah. Itu membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah meningkat," jelasnya.

Selain terkait layanan donor darah PMI Jember, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.