Membandingkan Manfaat Buka Puasa Minum Teh Hangat dan Air Putih
Ilustrasi (commons.wikimedia.org)

Bagikan:

Surabaya – Teh hangat dan air putih jadi minuman yang kerap dipilih oleh masyarakat untuk menu buka puasa. Keduanya dipilih karena praktis dan tak menimbulkan risiko kesehatan yang besar. Lantas, mana yang baik apakah buka puasa dengan teh hangat atau air putih?

Teh Mengandung Antioksidan

Dilansir dari Livestrong, teh adalah minuman yang mengandung katekin atau antioksidan alami. Dalam jurnal America Journal of Clinic Nutrition, kandungan antioksidan dalam teh bermanfaat untuk mencegah terjadi komplikasi penyakit.

Teh juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Minuman ini juga mengandung kafein serta mampu memperkuat tulang dan gigi.

Meski banyak mengandung manfaat untuk kesehatan, banyak ahli tak menyarankan mengonsumsi teh saat perut kosong. Sedangkan air putih dapat dikonsumsi di segala keadaan, termasuk saat perit kosong.

Kandungan kafein pada teh mampu memicu naiknya asam lambung, terlebih jika mengonsumsi teh dalam jumlah banyak. Oleh karena itu minum air putih saat perut kosong bisa jadi alternatif yang aman.

Selain terkait manfaat buka puasa menggunakan teh dan air putih, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.