Berita Duka: Charles Geschke, Si Penemu Formt PDF dan Pendiri Software Adobe Meninggal Dunia
Charles Geschke (Foto nationalmedals.org)

Bagikan:

Surabaya – Charles Geschke, pria yang tercatat dalam sejarah lantaran menemukan format file Portable Document Format alias PDF dikabarkan meninggal dunia. Pria yang akrab disapa dengan Chuck itu meninggal di usianya yang ke 81 tahun, Jumat, 16 April, di pinggiran San Francisco Bay Area, Los Altos.

"Ini adalah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade," ugkap CEO Adobe Shantanu Narayen lewat pernyataan resminya.

Charles Geschke Mendapat Penghargaan dari Presiden AS

Shantanu mengatakan, sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck dan John Warnock berhasul mengembangkan perangkat lunak inovatif. Hal itu sekaligus merevolusi cara orang membuat sekaligus berkomunikasi.

"Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, teknologi inovatif yang menyediakan cara baru yang untuk mencetak teks dan gambar. Di atas kertas dan memicu revolusi penerbitan desktop. Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop yang ada di mana-mana.”

Sang istri mengatakan, Chuck juga bangga dengan keluarganya. Ia adalah pengusaha terkenal dan pendiri perusahaan besar di Amerika Serikat dan dunia.

Chuck sendiri mendapat gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon. Setelah itu ia mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto, tempat di mana ia bertemu dengan Warnock, demikian laporan Mercury News.

Keduanya meninggalkan perusahaan pada tahun 1982 untuk mendirikan Adobe dan mengembangkan perangkat lunak bersama.

Tak hanya berhasil mendirikan perusahaan, Presiden Barack Obama juga menganugerahi Geschke dan Warnock National Medal of Technology pada tahun 2009.

Selain terkait Charles Geschke, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.