Bau Mulut Makin Parah saat Gunakan Masker dalam Waktu Lama, Kok Bisa?
Ilustrasi dokter gigi (Pexel)

Bagikan:

Surabaya – Ramadan 2021 masih dilanda pandemi, protokol kesehatan masih digalakan oleh pemerintah. Atas kebijakan tersebut masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa sering mengenakan masker. Sayangnya hal itu ternyata banyak disebut memicu bau mulut lebih parah.

Bau Mulut Makin Buruk Karena Bakteri Menumpuk

Pakar kesehatan gigi dari Dubai mengatakan, bau mulut yang muncul lebih parah karena mulut makin kering. Hal itu membuat bakteri makin menumpuk di rongga mulut.

"Saat Anda memakai masker dalam waktu lama, mulut cenderung kering. Dengan kedua hidung dan mulut tertutup masker, orang cenderung lebih membuka mulut, yang menyebabkan mulut lebih kering," ujar Dr Sanjay Jyothish, dokter gigi dan spesialis ortodontis di Prime Health care Group dikutip dari Gulfnews, dikutip dari Antara, Senin.

Selama puasa, kata Jyothish, kita mengalami dehidrasi dan itu menyebabkan mulut kering.

"Air liur di mulut kita menetralkan asam tetapi karena kita memakai masker maka produksi air liur berkurang. Oleh karena itu, tingkat PH rongga mulut kita menjadi tidak seimbang," ujarnya.

PH rongga mulut pada tingkat netral adalah 6,2-7,6. Tidak adanya kadar air liur membuat keseimbangan PH terganggu dan membuat bakteri makin berkembang biak dan bau mulut makin buruk.

Selain terkait penyebab bau mulut, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.