Berita Duka: Penulis Buku Legendaris “Atlas Wali Songo” KH Agus Sunyoto Meninggal Dunia
KH Agus Sunyoto (nu.or.id)

Bagikan:

SURABAYA – Kabar duka kembali menghiasi media pemberitaan Indonesia. Ketua Lembaga Seniman, dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU KH Agus Sunyoto meninggal dunia pada Selasa, 27 April. Ia diketahui sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Lesbumi NU Kota Malang Fathul H Panatapraja.

BACA JUGA:


“Iya, benar. Mohon doanya,” kata Fathul kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, dilansir Antara, Selasa, 27 April.

KH Agus Sunyoto Dikenal sebagai Budayawan yang Produktif

Ia menjelaskan bahwa penulis buku Atlas Wali Songo itu menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul pukul 07.30 WIB. KH Agus Sunyoto sendiri dikenal sebagai tokoh intelektual dan budayawan dari Nahdlatul Ulama. Ia lahir di Surabaya pada 21 Agustus 1959 dan meninggal pada usia 61 tahun.

Sebagai informasi, KH Agus Sunyoto adalah Ketua Lesbumi PBNU periode kedua kepemimpinan KH Said Aqil Siroj, setelah Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur pada 2015.

Selain itu KH Agus Sunyoto juga mengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang. Ia dikenal sebagai budayawan yang produktif menghasilkan karya. Salah satu buku yang banyak dikenal masyarakat adalah Atlas Wali Songo, yang mengisahkan tentang penyebaran Agama Islam di Nusantara.

KH Agus Sunyoto akan dimakamkan di komplek pemakaman orang tuanya di Makam Tembok, Gundih, Surabaya, Jawa Timur.

Selain terkait meninggalnya KH Agus Sunyoto, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.