Hormati Jasa Pahlawan, Wawalkot Surabaya Bakal Adakan Sayembara Desain Patung Bung Karno Berhadiah Puluhan Juta
Wawali Surabaya Armuji (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Untuk memberikan penghormatan atas jasa para pendiri bangsa Indonesia, Wakil Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Armuji berencana mengadakan sayembara mendesain patung Presiden RI pertama Soekarno.

"Para peserta nantinya bisa mencari lokasi yang tepat dan desain yang bagus," tutur Wawali Armuji di Surabaya dikutip Antara, Senin, 15 November.

Aspek Historis dan Budaya dalam Kemajuan Surabaya

Armuji menilai, Surabaya yang dikenal sebagai Pahlawan punya sejarah panjang dalam perjuangan Kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa kelahiran Soekarno yang lahir Jalan Peneleh Gang Pandean IV, Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

"Warga Surabaya juga bangga memiliki tokoh yang dikagumi hingga kancah internasional," kata Armuji.

Selain itu, Armuji juga mengatakan bahwa pertumbuhan dan kemajuan Kota Surabaya juga harus memperhatikan aspek historis serta kebudayaan sebagai wujud mengimplementasikan pembangunan yang berkepribadian dalam budaya.

Selain itu, lanjut Armuji, pihaknya saat ini telah mempersiapkan teknis pelaksanaan sayembara desain patung Bung Karno.

Teknis Sayembara Desain Patung

Mengenai teknis pelaksanaan, lanjut dia, akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

"Secepatnya akan diumumkan. Kami ingin Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan kota kelahiran proklamator semakin teguh melekat di benak masyarakat. Apalagi diberbagai kota sudah banyak yang membangun Patung Bung Karno," ujarnya.

Wakil Wali Kota Surabaya tersebut juga menegaskan hadiah sayembara desain patung Bung Karno tersebut bernilai puluhan juta rupiah.