Terbakarnya Gedung Pusat Data Cyber 1 Mampang Dirasakan Pemkot Surabaya, Layanan Command Center Sementara Dialihkan
Gedung Pusat Data Cyber 1 Mampang (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Insiden terbakarnya Gedung Pusat Data Cyber 1 di Jakarta Selatan berdampak pada banyak hal, termasuk dirasakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur. Untuk saat ini layanan Command Center (CC) 112 dialihkan.

Terbakarnya Gedung Pusat Data Cyber 1 Dirasakan Banyak Pihak 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser mengatakan bahwa pihak penyedia layanan belum bisa memberikan estimasi waktu kapan layanan bisa normal. Hal tersebut terjadi karena ruang pusat data cyber yang terbakar.

"Akibatnya untuk layanan 112 se-Indonesia termasuk di Kota Surabaya tidak terkoneksi. Kita masih menunggu informasi dari pihak penyedia kapan layanan akan kembali normal," ujar Fikser di Surabaya, Jumat, 3 Desember.

Masyarakat Surabaya Bisa Memanfaatkan Kanal Medsos Pemkot

Meski demikian, Pemkot Surabaya meminta agar masyarakat tak khawatir karena mereka sudah menyiapkan langkah mitigasi untuk tetap memberikan layanan 112.

"Untuk saat ini kita alihkan sementara layanan 112 ke beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center," jelasnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kedaruratan bisa memanfaatkan beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center.

"Silahkan masyarakat dapat memanfaatkan beberapa layanan yang kami sediakan. Petugas operator di Posko Command Center juga bersiaga 24 jam," jelas Fikser.

Beberapa layanan tersebut, dapat diakses masyarakat mulai dari aplikasi WargaKu. Lalu, media sosial instagram di alamat @call112surabaya, @sapawargasby dan @banggasurabaya. Kemudian, layanan melalui Posko Command Center di nomor telepon 031-5454922 atau 031-99242201.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gedung Cyber 1 Mampang Kebakaran, Pemkot Surabaya Alihkan Sementara Layanan 112.

Selain terkait Gedung Pusat Data Cyber 1, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.