Berita Bencana Alam Jatim Terkini: Tebing Jalan Tol Pandaan Arah Malang Longsor Setelah Diguyur Hujan Deras
Longsor di Tol Pandaan Arah Malang (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Tebing Tol Pandaan arah Malang, Jawa Timur, longsor setelah diguyur hujan deras. Longsor sendiri terjadi di Km 78+900 arah Malang dan Surabaya. Akibatnya, jalan tak bisa dilalui lantaran tertutup material.

Longsor Langsung Ditangani

Direktur Utama Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Netty Renova menjelaskan, petugas mobile customer service PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas dengan pengalihan sementara.

Pengaturan dilakukan untuk kendaraan arah dari Surabaya-Malang diminta keluar Gerbang Tol (GT) Purwodadi dan dari Malang-Surabaya diminta keluar GT Lawang.

Dia mengatakan, hujan yang deras mengakibatkan luapan air dan longsor, tepatnya pada Km 78+900 arah ke Malang dan Surabaya.

"Saat ini pihak Jasa Marga dan kepolisian sedang melakukan proses penanganan atas longsor tersebut," katanya dikutip Antara, Selasa, 8 Maret.

Pengguna Jalan Diimbau Hati-hati

Jasa Marga, kata Netty, memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas penanganan longsor, dan mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan mematuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan," katanya.

Kepala Unit Patroli Jalan Raya (PJR) IV, AKP Rahmad ketika dikonfirmasi juga membenarkan terjadinya longsoran tebing di Tol Pandaan arah Malang.

Selain longsor, juga terjadi genangan air di sisi kiri jalan tol wilayah setempat sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas dan pengalihan kendaraan yang berasal dari arah Surabaya maupun Malang.