Beasiswa Penghapal Kitab Suci: Pemkot Surabaya Sediakan 1.160 Kuota untuk Siswa Berbagai Agama
Seleksi beasiswa penghapal kitab suci (Foto via Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Ada beasiswa penghapal kitab suci yang bisa diikuti oleh masyarakat. Beasiswa tersebut disediakan oleh Pemkot Surabaya, yang menyediakan ribuan kuota beasiswa bagai pelajar penghafal kitab suci. Beasiswa diperuntukkan bagi siswa jenjang TK, SD, hingga SMP di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Beasiswa Penghapal Kitab Suci untuk Berbagai Jenjang

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh di Surabaya, Kamis, menjelaskan bahwa saat ini ada 1.792 pelajar di Surabaya sudah mendaftar. Sedangkan kuota yang disediakan adalah sebanyak 1.160 pelajar.

"Langkah ini merupakan misi dari Pemkot Surabaya untuk mewujudkan SDM yang unggul, berkarakter, dan religius, serta berbudaya dalam bingkai kebhinekaan," ucap Yusuf, Kamis 10 Maret.

Menurutnya, dengan adanya beasiswa penghafal kitab suci ini diharapkan mampu memunculkan generasi emas pecinta dan pengamal kitab suci di kehidupan sehari-hari.

"Dengan ikhtiar mulia untuk memberikan apresiasi kepada pelajar di Kota Surabaya, program ini dapat terus dilakukan hingga membawa dampak positif bagi penerima beasiswa," ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Apresiasi Bamag Surabaya

Sementara itu, Pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kota Surabaya Yordan M. Batara-Goa mengatakan, program beasiswa penghafal kitab suci ini sangat baik, karena Pemkot Surabaya berusaha mengayomi semua agama.

"Ini adalah cermin pelaksanaan Pancasila di Negara kita, bahwa pemerintah betul-betul berusaha agar semua agama diperhatikan, diayomi, dan juga diapresiasi," ujarnya.

Beasiswa untuk Berbagai Agama

Menurut dia, program ini harus menjadi percontohan bagi daerah yang lainnya, agar Pancasila bisa terimplementasi dengan baik. Oleh karena itu, Bamag Surabaya mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya terkait program beasiswa tersebut.

"Meskipun tradisi menghafal kitab tidak dominan di tempat kami, tapi kami mencari alternatif lain. Pada akhirnya, ayat hafalan atau ayat-ayat kitab yang dihafal adalah yang solusi yang paling bisa digunakan, sesuai dengan materi pembelajaran yang diikuti dan disesuaikan dengan kurikulum sekolah," kata dia.

Seleksi Penerimaan Beasiswa bagi Pelajar Penghafal Kitab Suci yang dibuka Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Graha Bunda Paud, Rabu (9/3) tersebut diikuti masing-masing perwakilan dari setiap pemeluk agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.