Kabar MotoGP Mandalika: Para Pembalap Tak Kenakan Masker saat Bertemu Presiden, Begini Penjelasan Istana
Presiden Jokowi bersama pembalap MotoGP (Foto: BPMI Setpres)

Bagikan:

SURABAYA - Masyarakat saat ini banyak yang mengikuti kabar MotoGP Mandalika. Salah satu yang jadi sorotan adalah saat para pembalap MotoGP tak mengenakan masker saat bertemu Presiden di Istana Merdeka. Lalu, apa alasan mereka tak mengenakan masker?

Kabar MotoGP Mandalika: Pengenaan Masker di Istana

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa para pembalap telah menjalani serangkaian tes COVID-19 dengan metode swab Polymerase Chain Reaction (PCR) sebelum bertemu Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Marc Marquez dan pembalap lain juga telah mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap.

"Mereka sudah PCR, sudah vaksin lengkap. Kalau tidak divaksin malah tidak bisa masuk di kita sekarang ini. Semua aman. Vaksin sudah lengkap. Semua insyallah aman. Jadi para pembalap sudah vaksin dan PCR," kata Bey saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 16 Maret.

Prokes Dilakukan Ketat

Ia juga menegaskan bahwa seluruh protokol kesehatan terjaga dalam pertemuan tersebut. Pelepasan masker yang dilakukan Presiden pun dilakukan demi kebutuhan dokumentasi.

"Kan saat foto saja. Lepas masker waktu foto di motor (Presiden Jokowi melepas masker di atas motornya, red)," tegasnya.

"Waktu jalan ke depan gerbang pakai masker. Setelah itu lalu melepas pebalap buka masker karena agar kelihatan ekspresi saja ke pembalap. Itu pun lokasinya terbuka, jaga jarak juga. Setelah itu pakai masker lagi," imbuh Bey.

Pembalap Temui Presiden

Diberitakan sebelumnya, para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan para pembalap seperti Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, hingga Takaaki Nakagami dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB. Selain pebalap internasional, ada juga dua pebalap Indonesia yaitu pebalap Moto3 Mario Aji dan pembalap Idemitsu Asian Talent Cup Veda Ega Pratama.

Pada tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menyambut para pembalap di beranda Istana Merdeka. Dia tampak menggunakan jaket berwarna merah produksi Rabbit and Wheels dengan tulisan G20, celana hitam, dan sepatu keds. Tak lupa juga Jokowi menggunakan masker berwarna cokelat.

Presiden Tetap Gunakan Masker

Sementara para pembalap tampat menggunakan race suit yang akan mereka gunakan saat mengaspal di Sirkuit Mandalika. Hanya saja, mereka tak tampak menggunakan masker. Sementara Presiden Jokowi dan jajarannya, seperti Menteri BUMN Erick Thohir tetap taat menggunakan masker.

Selanjutnya, acara berpindah keluar dan Jokowi sempat memamerkan motor Kawasaki W175 berkelir hijau miliknya dan mereka berfoto bersama. Saat itulah Presiden Jokowi melepas masker yang digunakan.

Kemudian, Jokowi kembali melepas maskernya ketika melepas parade pembalap MotoGP yang menyusuri jalanan protokol Jakarta sebelum akhirnya menuju Bundaran HI sebagai titik akhir.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pembalap MotoGP Tak Pakai Masker Saat Bertemu Jokowi, Istana Jelaskan Alasannya.