Sempat Serang Warga, Kera Liar Masuk Perkampungan Warga di Desa Bantal Situbondo Dievakuasi Damkar
Kera liar masuk ke perkampungan di Situbondo (Tangkapan layar/IST)

Bagikan:

SURABAYA - Warga Kampung Selatan, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur digegerkan dengan kemunculan seekor kera liar. Kera liar masuk perkampungan warga. Kemunculannya meresahkan karena kera tersebut beringas dan sempat coba serang warga.

Kera Liar Masuk Perkampungan

Warga sendiri sempat mencoba menangkap satwa liar tersebut. Sayangnya penangkapan warga gagal, sehingga warga melaporkan keberadaan kera ke petugas damkar setempat.

"Kera jantan itu datang siang. Kera mengejar warga dan akhirnya warga memilih berdiam dirumah, pintu-pintu semua warga ditutup," kata warga setempat, Dian (24), Kamis 17 Maret.

Komandan Regu Damkar Asembagus, Bima Nurdianto menjelaskan bahwa timnya mendatangi lokasi setelah warga membuat laporan.

"Berdasarkan laporan tersebut, kami bersama anggota dan dibantu anggota Satpol PP langsung bergegas menuju lokasi guna mengevakuasi monyet liar tersebut," kata Bima.

Petugas Sempat Kesulitan

Saat penangkapan, kera terus gerak gesit. Petugas mengaku sempat kesulitan karena kera terus berpindah-pindah.

"Kera itu berpindah-pindah dan gesit, lari kesana kemari, naik turun pohon. Itu yang menyulitkan untuk ditangkap," kata Bima.

Bima menyebut petugas Damkar melakukan berbagai cara untuk menangkap kera liar tersebut. Mulai dari memancing dengan makan hingga mengerahkan 1 unit mobil Damkar.

Kera Sempat Melawan

Kera itu kata Bima, sempat melawan petugas saat ditangkap. Namun akhirnya monyet berhasil ditangkap sekitar pukul 11.00 WIB.

"Tadi menggunakan tangga, karung dan serokan jaring. Petugas sangat berhati-hati saat mendekati kera itu. Saat mau disergap monyet sedikit melawan dan langsung ditutup dengan karung," tambahnya.

Kera Dievakuasi ke Kantor

Kera tersebut, sambung Bima, diduga dari kawasan hutan selatan permukiman warga. Untuk sementara dibawa ke pos pemadam kebakaran di Kecamatan Asembagus.

"Diduga kera itu dari hutan yang mencari makanan, karena pemukiman penduduk tersebut berdekatan dengan kawasan hutan Banyuwangi Utara," pungkasnya

Artikel ini telah tayang dengan judul Kera Liar Masuk Permukiman Bikin Resah Warga Kampung Selatan Situbondo, Dievakuasi Petugas Damkar.

Selain terkait kera liar masuk perkampungan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.