Kabar Lebaran 2022: Tak Ada Penyekatan, Tapi Akan Ada Pengecekan Status PeduliLindungi
Ilustrasi mudik lebaran 2022 (DOK ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Masyarakat terus memantau kabar Lebaran 2022, salah satunya terkait penyekatan jalan. Patut diketahui bahwa Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memastikan tak akan ada penyekatan seperti dua tahun belakang. Kontrol pemudik sendiri akan dilaukan melalui random sampling pada pengendara.

"Memang tidak ada unsur penyekatan dari Polri tetapi secara random sampling ada pos pelayanan yang mengecek status PeduliLindungi," kata Ketua Satgas COVID-19 Suharyanto dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 1 April.

Kabar Lebaran 2022 Terkait Vaksinasi

Cara tersebut akan mengetahui apakah pemudik telah mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap. "Di situ yang booster jelas PeduliLindungi-nya terlihat," ungkapnya.

Sedangkan penerapan aturan mudik lebaran tahun ini dilakukan secara persuasif. Tak hanya itu, Suharyanto juga memastikan bahwa masyarakat akan mendapat kemudahan mudik ke kampung halaman karena akan ada pelayanan vaksinasi di titik tertentu.

"Akan ditempatkan titik-titik untuk melakukan vaksinasi sehingga masyarakat yang mudik bisa dilayani terkait kebutuhan vaksinasi," ujarnya.

Antisipasi Libur Lebaran

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi sebanyak 79 juta orang akan mudik Lebaran 2022 dengan tujuan paling banyak di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

"Balitbang Kementerian Perhubungan melakukan survei dalam rangka mengantisipasi libur Lebaran dan jumlahnya sangat tinggi, kurang lebih 79 juta yang ingin mudik. Tentu ini bisa dimaklumi bahwa setelah dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan, banyak yang ingin mudik lebaran," kata Budi Karya dilansir Antara, Kamis, 31 Maret.

Menhub mengatakan beberapa daerah tujuan mudik yang memiliki animo sangat tinggi di masyarakat adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Antisipasi Risiko COVID-19

Menhub tingginya animo masyarakat untuk mudik Lebaran ini harus diiringi dengan menyiapkan sarana dan prasarana, serta yang terpenting memperhatikan keselamatan baik dalam perjalanan maupun dari risiko COVID-19.

Kemenhub akan memastikan armada seluruh moda transportasi dalam kondisi yang baik untuk melakukan perjalanan. "Saya minta kepada para Dirjen untuk melakukan cek bis, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check," ungkap Budi.

Pemeriksaan Kesehatan Wajib Dilakukan

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan mewajibkan pemeriksaan kesehatan bagi pengendara moda transportasi yaitu pilot, nakhoda, masinis, dan sopir bis. Kementerian Perhubungan akan menyiapkan fasilitas pengecekan kesehatan di bandara, terminal, stasiun dan sebagainya.

"Kami juga akan dan sedang menginstruksikan operator prasarana dan sarana transportasi terus memastikan protokol kesehatan dan itu harus jadi suatu acuan yang harus kita lakukan," kata Budi Karya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Satgas COVID-19 Tegaskan Tak Ada Penyekatan di Jalan Saat Mudik Lebaran 2022.

Selain terkait kabar Lebaran 2022, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.