Idulfitri 2022: Pemudik Bisa Vaksin di Posko yang Disediakan Pemprov Jatim
Ilustrasi mudik lebaran 2022 (DOK ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Jelang Idulfitri 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bakal menyiapkan posko mudik yang tidak hanya menyediakan tempat istirahat namun dilengkapi degan layanan vaksinasi COVID-19.

Lokasi Posko Mudik Idulfitri 2022

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa posko mudik sekaligus pelayanan vaksinasi COVID-19 itu akan disiapkan di beberapa titik di wilayah di Jawa Timur.

"Kita sepakat, di titik-titik mudik akan ada posko untuk melakukan vaksinasi," ucap Gubernur dilansir Antara, Selasa, 12 April.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya masih mematangkan lagi titik-titik yang akan menjadi lokasi pelayanan vaksinasi COVID-19.

Akan Ada Penyekatan

Menurutnya, pada pelaksanaan mudik Lebaran 2022 kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Polda Jawa Timur tidak akan melakukan penyekatan arus kendaraan yang akan masuk ke wilayah tersebut.

"Kalau penyekatan tidak ada, tapi posko itu nanti tersebar. Saya sudah meminta tolong ke Pak Kapolda terkait jumlah finalnya berapa banyak," katanya.

Ada Mudik Gratis

Dalam menghadapi mudik Lebaran kali ini, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga akan menyiapkan angkutan mudik gratis khusus kapal laut yang melakukan penyeberangan ke pulau-pulau yang ada di Sumenep, Madura.

"Mudik gratis, ada untuk kapal laut penyebarangan ke pulau-pulau di Sumenep," kata Khofifah Indar Parawansa.

Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Pemerintah memperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Syarat Mudik Gratis

Ada sejumlah persyaratan bagi para pemudik, diantaranya adalah untuk masyarakat yang baru menerima dosis pertama vaksin COVID-19, masih diwajibkan untuk melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum melakukan perjalanan.

Sementara bagi masyarakat yang sudah menerima dosis kedua, hanya perlu melampirkan hasil tes antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam. Sedangkan masyarakat yang sudah mendapatkan dosis penguat atau booster, tidak perlu melampirkan hasil tes sebagai syarat perjalanan.

Kasus COVID-19 di Jatim

Tercatat, di Provinsi Jawa Timur, secara keseluruhan ada sebanyak 574.608 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan kasus aktif 697 kasus. Dari total itu, sebanyak 542.390 orang dilaporkan telah sembuh, 31.521 dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemprov Jatim Siapkan Posko Mudik Layani Vaksinasi COVID-19.

Selain terkait Idulfitri 2022, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.