Wacana PBB Gratis untuk Veteran Sedang Dikaji, Wawalkot Surabaya Singgung Jasa Pejuang
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (ANTARA-HO-Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wacana PBB gratis untuk veteran saat ini tengah dikaji oleh Pemerintah Kota Surabaya. Hal tersebut dijadikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa pejuang di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Kalau tidak besar maka sebagai bentuk penghargaan pada pejuang-pejuang bangsa yaitu Veteran tidak ada ruginya apabila PBB digratiskan. Karena perjuangan mereka, kita semua bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini," ujar Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di Surabaya, Senin 25 April.

Wacana PBB Gratis untuk Veteran

Pernyataan Armuji berawal dari kedatangan tamu dari keluarga mantan Wali Kota Surabaya Raden Soekotjo sekaligus penyampai aspirasi terkait PBB objek pajak rumah di Jalan Kartini.

Seperti yang diketahui, Raden Soekotjo adalah Wali Kota Surabaya periode 1964-1974. Ia menggagas pembangunan kawasan industri SIER di Rungkut Surabaya untuk menyamai kawasan Industri Pulogadung Jakarta saat itu.

"Sebelumnya memang kami mendapatkan diskon pembayaran PBB sebesar 75 persen, karena di tahun ini ada beberapa persyaratan yang kurang sehingga kami kesulitan mendapatkan diskon lagi," kata R. Djoko Waluyo, salah satu Keluarga Wali Kota Soekotjo.

Respon Armuji

Menanggapi hal itu, Armuji langsung menghubungi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Surabaya Musdiq Ali Suhudi melalui telepon selulernya untuk melakukan pengecekan terhadap objek pajak di Jalan Kartini tersebut.

"Kami minta tolong dicekkan dan dibantu pak," kata Armuji kepada kepala Bapenda, dinukil dari Antara.

Armuji mengatakan, dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan disebutkan untuk Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia mendapatkan Diskon sebesar 75 persen. Sedangkan besaran PBB yang didapat dari Veteran Kemerdekaan Indonesia hanya sebesar Rp500 juta setiap tahunnya.

Peggratisan Akan Dikaji

Wawali Armuji mengatakan, pihaknya akan mengkaji serta mendorong proses PBB gratis bagi Veteran mengingat beberapa daerah bisa memberikan fasilitas kebijakan berupa penggratisan PBB sehingga besar kemungkinan juga bisa diterapkan di di Surabaya.

"Surabaya sebagai Kota Pahlawan sudah layak PBB gratis untuk veteran. Dengan nama yang sudah dikenal luas itu, sudah sepantasnya Pemkot Surabaya buat kebijakan terbaik bagi para pejuang bangsa," ujar Armuji.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemkot Surabaya Sedang Pertimbangkan PBB untuk Para Veteran Digratiskan.

Selain terkait wacana PBB gratis untuk veteran, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim