5 Bahan Perawatan Kulit Wajah Kering yang Mudah Ditemukan di Dapur
Ilustrasi merawat kulit wajah (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Kulit wajah kering bisa disebabkan karena berbagai hal, salah satunya cuaca. Pergantian cuaca yang tak menentu tentu membuat kulit jadi lebih kering. Untuk menghindarinya, Anda bisa memanfaatkan bahan perawatan kulit wajah kering yang mudah ditemukan karena kadang ada di dapur. Bahan tersebut bisa jadi salah satu cara merawat kulit secara alami.

Bahan perawatan kulit wajah kering

Seperti dikatakan sebelumnya, kulit kering bisa disebabkan oleh perubahan cuaca, bertambahnya usia, paparan sinar matahari, atau paparan AC dalam ruangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan dengan tambahan skincare pabrikan atau dilakukan secara mandiri. 

Jika ingin melakukannya sendiri, gunakan beberapa bahan berikut ini, melansir Medical News Today, Kamis, 30 Juni.

1. Minyak biji bunga matahari

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa minyak biji bunga matahari mampu tingkatkan hidrasi ketika digunakan sebagai pelembab. Namun, tidak semua minyak alami dapat digunakan sebagai pelembab wajah. Seperti minyak zaitun misalnya. Sering digunakan bisa merusak skin barrier. 

2. Madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu bermanfaat sebagai pelembab dan antiinflamasi. Anda bisa langsung mengoleskan madu ke wajah untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan kulit kering. Jika kaki dan kulit Anda kering, oleskan gel lidah buaya secukupnya pada bagian tubuh yang kering. Lalu gunakan kaus kaki atau sarung tangan untuk menutupinya. Diamkan semalaman dan Anda akan merasakan perubahan pada kulit Anda keesokan harinya.

4. Petroleum jelly

Petroleum jelly telah digunakan sebagai pelembab selama bertahun-tahun. Pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa kerusakan skin barrier pada orang tua membaik setelah mereka menggunakan petroleum jelly.

Temuan tersebut mendukung penggunaan petroleum jelly untuk merawat kulit kering, terutama yang disebabkan oleh penuaan.

5. Minyak kelapa

Minyak alami lain yang bekerja dengan baik untuk merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak kelapa sama aman dan efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering.

Minyak kelapa secara signifikan mampu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Dalam penelitian 2016, minyak kelapa yang mengandung asam lemak jenuh memiliki sifat emolien. Emolien adalah lemak atau minyak yang berfungsi sebagai pelembab yang mengisi celah di kulit kering sehingga menjadikan kulit halus.

Itulah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kulit lembab dan terhidrasi. Anda bisa memilih bahan yang dirasa paling mudah didapat.