Tips Menyelesaikan Masalah Kepercayaan Secara Bijak Agar Tak Hancurkan Hubungan Percintaan
Ilustrasi menyelesaikan masalah kepercayaan dalam hubungan (Shvets Production/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Untuk membangun relationship, harus ada kepercayaan di antara keduanya. Jika tak ada rasa percaya, hubungan hanya akan terasa berat bagi salah satu atau dua belah pihak. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk menerapkan tips menyelesaikan masalah kepercayaan dalam hubungan percintaan.

Tips Menyelesaikan Masalah Kepercayaan

Penyelesaian kepercayaan dalam hubungan cinta bisa dilakukan dengan sederhana tanpa menyinggung siapapun. Simak selengkapnya di bawah ini, melansir Very Well Mind, Rabu, 29 Juni.

1. Akui Masalahnya

Jika Anda dan pasangan memiliki masalah terkait kepercayaan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakui masalah tersebut.

Tak perlu takut akan reaksi pasangan nantinya. Anda hanya perlu bicara jujur tentang masalah yang Anda rasakan. Dengan begini, kalian akan menyadari perlunya melakukan sesuatu untuk memperbaiki masalah dalam hubungan.

2. Bedakan kepercayaan dan kontrol

Orang dengan masalah trust issue sering merasa perlu untuk mengontrol hal di sekitarnya. Anda mungkin merasa dikhianati atau dimanfaatkan jika tidak memiliki kendali penuh atas setiap situasi. Namun, ini hanya akan merusak hubungan Anda dalam jangka panjang.

Mempelajari seberapa banyak kendali yang harus Anda lakukan dalam situasi tertentu adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan orang lain.

3. Jadikan kepercayaan sebagai prioritas

Mempercayai orang lain bisa jadi sulit. Tapi membangun kepercayaan adalah bagian penting dalam setiap hubungan. Jadikan kepercayaan sebagai prioritas dalam hidup Anda, sekalipun ini adalah hal yang menantang.

4. Perlahan bangun kepercayaan

Memang tidak mudah mengembalikan kepercayaan yang sudah hancur. Namun, jika Anda masih mencintai pasangan, ada baiknya untuk perlahan mempercayainya kembali.

Tak perlu tergesa-gesa. Ambil waktu terbaik menurut Anda untuk bisa menumbuhkan lagi rasa percaya.

5. Bisa dipercaya

Jika Anda coba bangun kepercayaan dengan pasangan, maka Anda harus mau mempercayai mereka terlebih dahulu. Artinya, Anda perlu bersikap terbuka tentang perasaan, pendapat, pemikiran, dan batasan Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu tahu kalau semua orang bisa berbuat kesalahan. Mempelajari bagaimana menyeimbangkan kedua gagasan ini akan membantu membangun hubungan interpersonal sehat yang didasarkan pada kepercayaan.