Pilgub Jatim 2024: Lembaga Survei ARCI Sebut Eri Cahyadi Berpeluang Jadi Rival Khofifah Indar Parawansa
Eri Cahyadi di kantor DPC PDIP Surabaya (ANTARA-HO-PDIP Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengatakan bahwa berdasarkan survei, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berpotensi jadi rival Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jatim 2024 mendatang. 

Tak hanya Eri dan Khofifah Indar Parawansa, nama Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga berpeluang masuk dalam bursa Pilgub Jatim.

Survei Pilgub Jatim 2024

Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. Dalam survei juga dinyatakan bahwa dua tokoh muda tersebut, Eri Cahyadi dan Achmad Fauzi, masuk jajaran lima besar pada bursa Cagub Cawagub Jatim 2024.

Eri Cahyadi memiliki elektabilitas 4,25 persen dan Achmad Fauzi 2,08 persen. Meski demikian, elektabilitas keduanya masih tertinggal jauh dari Wagub Jatim Emil Dardak sebesar 14,6 persen.

"Pak Eri dan Pak Fauzi ini memiliki potensi untuk naik level ke Jawa Timur, tinggal bagaimana mereka memanfaatkan peluang ini," kata Direktur lembaga survei ARCI, Baihaki Sirajt, Senin, 25 Juli.

Kuat di Beberapa Daerah

Berdasarkan hasil survei itu, lanjut Baihaki, nama Eri Cahyadi cukup kuat di daerah Pandalungan yang meliputi Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Sedangkan nama Achmad Fauzi sangat dikenal masyarakat Madura.

Bahkan dia menjadi satu-satunya kepala daerah di Madura yang masuk bursa calon di Pilkada Jatim. Achamad Fauzi juga disebutnya banyak dikenal masyarakat Mataraman.

"Responden di luar Madura sudah banyak yang mengenal Achmad Fauzi. Wilayah Mataraman juga sudah banyak yang mengenalnya. Ini tentu menjadi nilai plus bagi yang bersangkutan, akan tetapi perlu kerja ekstra," ujarnya.

Faktor Tingginya Elektabilitas Dua Tokoh

Baihaki menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menunjang dua kepala daerah itu dikenal luas masyarakat Jatim, salag satunya soal kinerja yang cemerlang sebagai kepala daerah. Baihaki menyebut, tingkat kepuasan masyarakat Sumenep terhadap kinerja Achmad Fauzi cukup tinggi.

"Paka Fauzi ini sukses membawa perubahan yang positif bagi Sumenep. Contohnya di sektor pariwisata itu sangat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Punya Kepribadian Ramah

Sedangkan hal lain yang ikut mendogkrak elektabilitas mereka, kata Baihaki, keduanya sama-sama muda serta memiliki kepribadian yang ramah, suka berbaur, dan rajin turun langsung menyapa warganya. Menurut Baihaki, peluang Eri Cahyadi dan Fauzi untuk meningkatkan elektabilitasnya masih terbuka lebar.

"Jika punya prestasi dan program kerja yang bagus, maka elektabilitasnya bisa menanjak karena masyarakat suka dengan pemimpin yang merakyat dan bisa mengatasi masalah di wilayahnya," ujarnya.

Survei ARCI

Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.